Omelet Thailand yang Gurih Pedas Enak Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 28 Nov 2019 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Ingin lauk praktis tetapi tetap enak, kamu bisa coba bikin omelet gaya Thailand ini. Ditambah cabai rawit, bawang dan kecap ikan. Gurih mantap!

Thailand dikenal dengan makanan bercitarasa pedas dan segar. Ini karena mereka selalu menambahkan cabai merah, cabai rawit, dan rempah daun. Seperti daun ketumbar, daun kari hingga daun mint. Kucuran air jeruk nipis dan irisan halus serai menambah segar sajian Thailand.

Nasi putih dengan lauk-pauk, mie dan aneka jajanan pasar sering dinikmati orang Thailand untuk sarapan. Salah satunya yang populer, seperti di Indonesia adalah omelet atau telur dadar. Diberi beragam isian omelet Thailand rasanya lebih gurih, pedas dan segar.

Bumbu dan rempah yang dipakai dalam masakan Thailand juga tak berbeda jauh dengan bumbu Indonesia. Karenanya omelet Thailand juga mudah dibuat sendiri.

Berikut ini beberapa langkah mudah dan prkatis membuat omelet Thailand.



Omelet Thailand yang Gurih Pedas Enak Buat SarapanFoto: iStock


1. Telur dan bumbu

Untuk membuat omelet Thailand, siapkan 4 butir telur ayam, 1/4 butir bawang bombay yang dicincang kasar, 1 sdm daun ketumbar iris kasar (jika tak suka bisa diganti daun bawang) dan 5 buah cabai rawit yang diiris halus.

Sebagai bumbunya siapkan 1 sdm saus ikan, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdt garam dan 1 sdt air jeruk nipis.

Omelet Thailand yang Gurih Pedas Enak Buat SarapanFoto: iStock


2. Kocok telur

Pecahkan telur dalam wadah, kocok hingga bebruih dan tercampur rata. Tambahkan daun ketumbar, bawang bombay, cabai rawit, merica, garam dan saus ikan. Kocok dan aduk hingga tercampur rata.

Omelet Thailand yang Gurih Pedas Enak Buat SarapanFoto: iStock


3. Masak telur

Panaskan wajan 24 cm, beri 4 sdm minyak sayur. Tuangkan campuran telur ke dalam wajan. Masak dengan api sedang hingga kelilingnya membeku. Tutup wajan dan kecilkan api.

Masak terus hingga pinggirnya kecokelatan lalu balikkan. Masak hingga kedua sisinya kering dan kecokelatan. Angkat, kucuri sedikit saus ikan. Sajikan hangat dengan nasi putih.





Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)