Resep Khai Jeow, Omelet Keriting Khas Thailand Untuk Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 26 Sep 2019 05:30 WIB
Foto: iSrock Foto: iSrock
Jakarta - Thailand juga punya menu sarapan yang sederhana. Selain mie kuah, ada nasi hangat dengan topping omelet keriting. Ikuti cara mudah membuatnya berikut ini.

Omelet atau telur dadar merupakan cara paling sederhana mengolah telur. Di Thailand dikenal sebagai Khai Jeow. Telur dadar ini mengembang dengan pinggirannya keriting garing. Kadang ditambahkan daging ayam cincang, sayuran yang diiris halus atau bahan apapun yang ada di dapur.

Bisa dibuat di rumah, dibeli di warung makan hingga rumah makan. Biasanya ditaruh di atas nasi hangat dan dimakan dengan saus cabai Thailand dan taburan daun ketumbar.


Resep Khai Jeow, Omelet Keriting  Khas Thailand Untuk SarapanFoto: GettyImages


Untuk membuat omelet ini tak perlu banyak bahan disiapkan. Karenanya jadi andalan para ibu di sana untuk lauk sarapan enak. Ikuti langkah-langkah ini untuk meraciknya.

1. Untuk omelet ukuran sedang, siapkan 3 butir telur ayam, 1 sdm kecap ikan, 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdm air jeruk nipis, 1 sdm tepung beras dan 1 sdt garam. Bisa ditambahkan irisan cabai rawit atau cabai merah jika suka rasa pedas.

2. Pecahkan telur dalam mangkuk. Tambahkan tepung beras dan bahan lainnya. Kocok dan aduk hingga semuanya tercampur rata. Jika tepung beras masih menggumpal, saring atau larutkan dengan punggung sendok.

Resep Khai Jeow, Omelet Keriting  Khas Thailand Untuk SarapanFoto: iSrock


3. Panaskan minyak banyak dalam wajan cekung hingga panas benar. Tuangkan telur kocok dari ketinggian hingga telur dalam wajan membentuk pinggiran yang keriting. Balikkan telur dan goreng hingga kedua sisinya kering.

Resep Khai Jeow, Omelet Keriting  Khas Thailand Untuk SarapanFoto: iSrock


4. Angkat telur, taruh di atas nasi hangat. Taburi dengan daun ketumbar dan saus cabai Thailand atau saus asam manis.




Simak Video "Silong, Sashimi khas Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)