Resep Nasi Goreng Vietnam yang Komplet Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 25 Sep 2019 05:30 WIB
Foto: Dok. riceflour.com Foto: Dok. riceflour.com
Jakarta - Olahan nasi seperti nasi goreng juga populer di Vietnam. Diracik dengan sosis dan sayuran, nasi goreng ini praktis dibuat dan enak.

Nasi juga menjadi makanan pokok di Vietnam. Selain mie kuah daging atau pho dan banh mi, sandwich dengan beragam isian, Vietnam juga mengenal olahan nasi goreng.

Nasi goreng Vietnam (Com Chien Trung) biasanya dibuat dari nasi putih. Ditambah dengan sosis babi atau sosis sapi, sosis ayam atau daging ayam sebagai protein. Kemudian bahan lainnya berupa telur ayam dan aneka sayuran seperti buncis, wortel, daun bawang dan biji jagung. Semuanya disesuaikan dengan selera dan bahan yang ada.



Untuk meracik nasi goreng Vietnam ini caranya juga mudah, ikuti saja langkah ini.

1. Siapkan 2 piring nasi putih dingin, 3 sosis sapi atau ayam, 2 butir telur ayam, 3 sdm sayuran (buncis, wortel atau jagung manis) atau sayuran lain. Sebagai bumbunya, 3 butir bawnag merha, iris tipis, 1 sdm saus tiram, 1 sdm kecap asin, 1/2 sdt merica dan 1/2 sdt garam.

Resep Nasi Goreng Vietnam yang Komplet Buat SarapanFoto: iStock


2. Iris menyerong tipis sosis sapi. Taruh nasi putih di mangkuk, tambahkan telur ayam, saus tiram, kecap asin, merica dan garam lalu aduk hingga rata.

3. Panaskan 2 sdm minyak sayur, tumis bawang merah hingga wangi. Kemudian masukkan nasi yang sudah dicampur dengan telur dan bumbu, aduk-aduk hingga telur matang merata.

Resep Nasi Goreng Vietnam yang Komplet Buat SarapanFoto: Dok. riceflour.com


4. Tambahkan sosis dan sayuran lalu aduk hingga rata. Angkat, sajikan hangat.

Simak Video "Icip-icip Nasi Goreng Kebon Sirih Legendaris Sejak Tahun 1958"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)