Toko Kue Berusia 128 Tahun Ini Tutup Karena Banyak Pelanggan Jadi Vegan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 27 Sep 2018 10:18 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah 128 tahun melayani pelanggan, toko kue ini terpaksa harus tutup. Karena banyak orang yang menjalani gaya hidup vegan.

'AJ Goddard Pie and Mash' merupakan toko kue tradisional yang ada di London. Selain kue tradisional Inggris, toko ini juga menjual mash dan liquor. Toko kue ini merupakan toko tertua yang sudah ada sejak Rotu Victoria naik tahta.

Sayangnya, toko yang sering melayani penduduk Deptford di London Tenggara tersebut terpaksa ditutup. Dikabarkan oleh Metro.uk (25/09) tutupnya toko tersebut, lantaran pendapatannya yang kian berkurang setiap tahunnya.
Toko Kue Berusia 128 Tahun Ini Tutup Karena Banyak Pelanggan Jadi VeganFoto: Istimewa
Baca juga : Inspiratif! Toko Ini Tawarkan Roti Gratis untuk Orang yang Membutuhkan

Berkurangnya pendapatan tersebut, karena banyak masyarakat sekitar yang kini mengubah gaya hidupnya menjadi vegan. Hal tersebut dikatakan oleh Simon Clarke, selaku manajer toko.

Menurutnya, banyaknya orang menjadi vegan karena adanya kesalahan pada perubahan sosial di area tersebut. Bahkan Profesor Green, salah satu pelanggan yang setelah 50 tahun lamanya kembali ke toko untuk membeli kue dengan harga Rp. 69.000.

"Banyak orang yang datang ke toko dan menanyakan apakah toko ini membuat kue vegan," ujar Simon. Tentu saja kue vegan tidak tersedia di toko tersebut, karena mereka hanya menyediakan kue tradisional Inggris yang sebagian besar memakai produk hewani.

Akhirnya, toko yang sudah memiliki banyak sejarah ini harus ditutup oleh pemiliknya. Bahkan toko tersebut sering dijadikan tempat syuting oleh beberapa aktor seperti Idris Elba, John Ridley, Robson Green, Larry Lamb, Profeson Green, Bake Off's Mel dan Sue. Hal tersebut banyak terlihat dalam foto-foto yang ditempel di dinding toko.
Toko Kue Berusia 128 Tahun Ini Tutup Karena Banyak Pelanggan Jadi VeganFoto: Istimewa
Simon berniat untuk meninggalkan London dan mulai membuka toko baru di Kent. Ini merupakan hal yang menyedihkan bagi Simon, tetapi dirinya tidak akan melupakan kenangan saat di toko lamanya itu.

Simon mengenang masa sukses tokonya 20 tahun lalu yang selalu dijejali antrean pengunjung. Kini penghasilan tokonya terus turun. Ia akan membuka tokonya hingga 7 Oktober nanti.
J.A Goddard' Pie and Mash pertama dibuka tahun 1890 di jalan Evelyn, sebelum akhirnya dipindah tahun 1964.

'Pie and Mash' merupakan makanan kelas pekerja yang populer di era Ratu Victoria. Terbuat dari daging kambing cincang yang dibalut pastry. Disajikan dengan mashed potatoes yang disiram saus dari kaldu ikan dan cincangan peterseli.

Baca juga : Toko Kue Berumur 110 Tahun Ini Ditutup Gara-gara Kotoran Tikut



Tonton juga 'Enggan Ucapkan Selamat Natal, Toko Kue Ini Diprotes Netizen':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)