ADVERTISEMENT

Menu Natal dan Tahun Baru

Ini 4 Tips Agar Pesta Barbeque Berjalan Lancar

Devi Setya - detikFood
Jumat, 29 Des 2017 12:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Punya rencana menghabiskan malam pergantian tahun dengan pesta barbeque? Pastikan Anda sudah mengantongi tipsnya.

Pesta barbeque bersama teman atau keluarga memang jadi hal menyenangkan. Momen kebersamaan dan makanan lezat pasti menambah meriahnya pesta, oleh karenanya sangat penting memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Hitung jumlah tamu
Ini 4 Tips Agar Pesta Barbeque Berjalan LancarFoto: Istimewa
Perhitungkan jumlah tamu yang akan diajak berpesta barbeque. Hitung berapa jumlah laki-laki dan perempuan, ini penting karena jumlah porsi makan antara pria dan wanita berbeda. Perhitungkan juga berapa orang yang vegetarian karena mereka pastinya hanya menyantap sayuran jadi siapkan juga berbagai menu sayuran yang lezat untuk dibakar.

2. Rencanakan apa yang akan dimasak
Ini 4 Tips Agar Pesta Barbeque Berjalan LancarFoto: Istimewa
Banyak makanan yang bisa diolah dengan cara dibakar dalam pesta barbeque, pastikan Anda merencanakan mau membuat apa sebelum pergi ke supermarket untuk membelinya. Banyak pilihan yang bisa jadi rekomendasi antara lain iga sapi, sosis, ayam, steak dan menu lainnya. Jangan lupa sertakan paprika, bawang bombay, tomat dan berbagai bahan pelengkap lainnya.

Baca juga : 5 Makanan Ini Jadi Menu Favorit Orang Indonesia Saat Pesta BBQ

3. Saus dan bumbu marinasi
Ini 4 Tips Agar Pesta Barbeque Berjalan LancarFoto: iStock
Olahan barbekyu akan semakin mantap jika dimasak dengan berbagai bumbu. Pastikan sebelum pesta mulai, Anda sudah merendam daging dengan saus marinasi. Demikian juga untuk saus pelengkap yang dihidangkan saat makanan matang. Saus ini bisa dipilih sesuai selera seperti saus barbekyu, saus bolognese, saus blackpepper dan berbagai saus pilihan lainnya. Saus dengan rasa yang khas juga bisa jadi pilihan misalnya saus salsa atau saus chimicuri.

4 . Siapkan alat panggang
Ini 4 Tips Agar Pesta Barbeque Berjalan LancarFoto: Istimewa
Semua bahan makanan tidak akan bisa dinikmati jika masih dalam keadaan mentah. Pastikan Anda sudah memiliki alat panggang dan berbagai alat pendukungnya lengkap tersedia. Beberapa alat yang penting adalah alat pemanggang, penjepit makanan, bara api atau gas, piring dan alat makan. Selamat berpesta!

Baca juga : 5 Jenis Panggangan yang Bisa Dipakai untuk Pesta BBQ Tahun Baru (dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT