Berlakukan Pajak untuk Pengunjung Anak, Restoran Ini Diprotes Netizen

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Nov 2017 12:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah restoran di Amerika terapkan pajak untuk pengunjung anak. Hal ini membuat netizen protes dan ada yang berujung kesal.

Dilaporkan News.com.au (14/11), restoran Wayne Hills Diner di New Jersey memberlakukan pajak berupa 18 persen tip bagi pengunjung anak yang bersantap tanpa orang tuanya.

Dalam nota tagihan restoran tertulis "gratifikasi dihargai." Hal ini rupanya berlaku berbeda untuk pengunjung dewasa dan anak. Pengunjung dewasa dipersilakan memberi tip sesuai keinginan, sedangkan pengunjung anak atau remaja, besaran tip-nya sudah ditentukan sehingga tak ubahnya pajak.

Berlakukan Pajak untuk Pengunjung Anak, Restoran Ini Diprotes NetizenFoto: Istimewa

Terungkapnya pajak untuk pengunjung anak di Wayne Hills bermula saat Melissa Desch menemukan nota tagihan milkshake anaknya yang berusia 11 tahun. Di situ tertulis pajak 90 cent dari pembelian milkshake sebesar 4.99 USD.

"Ini bukan soal besar uang yang anak saya bayarkan, tetapi fakta sederhana bahwa dia tidak punya pilihan," ujar Melissa. Menurutnya sang anak jadi memberi tip dua kali lipat karena adanya pemberlakuan pajak yang tidak diberitahukan ini.

Anak Melissa, Bella bercerita ia dan ibunya pergi ke Wayne Hills Diner di hari yang sama. Hanya saja ibunya tak dikenai pajak, sedangkan dirinya harus membayar pajak itu.

Tak hanya itu, teman Bella yang juga masih anak-anak juga dikenai biaya tambahan saat bersantap di restoran ini. Besarannya mencapai 1.31 dan 1.58 USD.

Berlakukan Pajak untuk Pengunjung Anak, Restoran Ini Diprotes NetizenFoto: Istimewa

Menanggapi hal ini, pengacara Wayne Hills Diner beralasan sering kali 20-30 anak datang ke restoran sekaligus dan berlama-lama hingga 2 jam. Kebanyakan mereka juga tidak memberi tip usai bersantap di restoran.

Padahal para pelayan bergantung pada tip pengunjung restoran untuk bertahan hidup. Pihak pengacara menilai hal ini tidak adil untuk mereka sehingga tip wajib sudah diberlakukan restoran.

Melissa menganggap kebijakan ini seharusnya dibelakukan untuk semua orang. Bukan hanya untuk pengunjung anak saja. Banyak pihak setuju dengan tanggapan dia dan mengatakan tip wajib adalah hal buruk.

Berlakukan Pajak untuk Pengunjung Anak, Restoran Ini Diprotes NetizenFoto: Istimewa

Beberapa netizen bahkan menyerukan boikot untuk restoran Wayne Hills Diner. Ann Marie, misalnya, berkicau di Twitter. Ia menulis, "Restoran ini merasa tak apa memberlakukan pajak untuk pengunjung anak. #boycott saya TIDAK AKAN PERNAH makan di sini. Anak-anak butuh bantuan kita, bukan untuk dimanfaatkan."

Sementara itu pengunjung anak lain di Wayne Hills Diner merasa tak masalah dengan pajak tambahan. "Beberapa orang hanya tidak tahu caranya memberi tip, dan hal ini membuat hidup lebih mudah," pungkas salah seorang pengunjung anak.

(adr/adr)
Load Komentar ...