Street Food Kekinian

Martabak Manis dan Gurih dengan Aneka Topping Tetap Digemari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 23 Agu 2017 16:13 WIB
Foto: dok.detikFood
FOKUS BERITA Street Food Kekinian
Jakarta - Meski bukan jajanan baru, martabak aneka topping juga termasuk street food kekinian. Pasalnya variasi martabak makin banyak dari segi bentuk maupun rasa.

Martabak umumnya dijajakan di tempat-tempat sederhana. Ada yang menempati kios seadanya dan ada pula yang menjajakan martabak berkeliling dengan gerobak. Tapi kini martabak banyak dijual di tempat-tempat kekinian.

Lokasi berjualannya strategis seperti di tengah kota atau di dalam food court. Beberapa gerai martabak bahkan menempati susunan bekas kontainer. Menjadikan tampilan gerai jauh lebih modern dengan grafis kekinian.

Martabak Manis dan Gurih dengan Aneka <i>Topping</i> Tetap DigemariSalah Satu Gerai Martabak Boss (Foto: Instagram Martabak Boss)

Sebut saja Martabak Boss, Martabakku Menteng dan Martabak Mertua. Martabak Boss di Panglima Polim, misalnya, mudah dikenali karena menempati bekas kontainer warna kuning terang. Menunya juga unik yaitu martabak dengan topping premium.

Baca Juga: Ini Jenis-jenis Topping Premium untuk Martabak Manis

Untuk martabak manis tersedia rasa Nutella, Skippy, Toblerone, matcha dan Ovomaltine. Hampir mirip dengan menu martabak manis di Martabakku Menteng dan Martabak Mertua.

Di Martabakku Menteng bahkan ada inovasi martabak gelato. Saat disajikan martabak manis dipenuhi asap hasil penggunaan es krim nitrogen cair. Martabakku Menteng mengklaim menunya sebagai martabak gelato pertama di dunia.

Bukan hanya topping premium, inovasi martabak manis juga menyangkut soal bentuk. Beberapa tahun ini martabak pizza populer di media sosial. Berupa adonan bundar martabak yang disajikan dalam bentuk juring atau segmen layaknya potongan pizza. Di atasnya ditaburi ragam topping yang terdiri dari 4, 8 hingga 16 pilihan rasa.

Martabak Manis dan Gurih dengan Aneka <i>Topping</i> Tetap DigemariMartabak Pizza yang Menarik Selera dengan Aneka Topping (Foto: dok.detikFood)

Kreasi martabak pizza populer dibuat Markobar. Gerai martabak dari Solo ini punya pilihan martabak pizza 4 dan 8 rasa. Toppingnya antara lain meisjes ceres, keju kraft, Oreo, cokelat Delfi, Silverqueen, Cadbury, Nutella, Kit Kat, Toblerone, Ovomaltine, Kit Kat Green Tea, dan Tim Tam Red Velvet. Bisa juga menambah topping dengan membayar Rp 10.000-25.000.

Bukan hanya martabak manis, martabak telur ikut mendapat sentuhan baru. Isian martabak telur tak terbatas pada daging sapi saja. Ada yang berisi tuna, sosis, daging ayam, kornet sambal goreng ati, kepiting hingga mie goreng. Makin semarak dengan lelehan keju mozzarella sebagai toppingnya.

Baca Juga: Nyam! Ini Martabak Manis atau Martabak Telor Ya?

Martabak Manis dan Gurih dengan Aneka <i>Topping</i> Tetap DigemariMartabak Telur dengan Lelehan Keju Mozzarella (Foto: dok.detikFood)

Martabak Mertua punya Martabak Double Beef & Melted Cheese. Martabak telur ini berisi daging sapi dan sosis. Di atasnya diberi lelehan keju mozzarella dan cheddar. Tak ayal tampilan martabak jadi Instagramable. Apalagi ada sensasi menarik benang-benang mulur saat martabak diangkat.

Untuk martabak telur isi mie goreng, salah satunya dibuat Martabak Yuk. Menu Martabak Telur Indomie Goreng Daging di sini banyak diburu. Di dalam kulit martabak teselip Indomie bercampur daging cincang, potongan bawang bombay dan daun bawang. Ternyata mie goreng bisa berpadu dengan kulit martabak yang tipis renyah.

Nah, kalau sore ini mau jajan martabak, bisa mencoba martabak pizza di gerai-gerai ini. Atau martabak telur di sini.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Street Food Kekinian