Kue Lebaran Indonesia

Ini Aturan Mengocok Mentega Agar Kue Mengembang Sempurna

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 18 Jun 2017 11:49 WIB
Mengocok Mentega Saat Buat Kue (Foto: iStock) Mengocok Mentega Saat Buat Kue (Foto: iStock)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Indonesia
Jakarta - Kue tidak mengembang atau bantat jadi masalah umum yang dialami banyak orang. Agar hasilnya lembut dan mengembang, Anda perlu perhatikan tips ini.

Lebaran tahun ini mau buat kue apa? Kalau Anda ingin mencoba membuat kue asli Indonesia sebaiknya perlu coba kue yang satu ini.

Kue mewah untuk lebaran seperti bolu gulung dan lapis legit memakai bahan seperti kuning telur, butter, gula, tepung terigu, maizena dan mascovis (buah-buahan kering).

Ini Aturan Mengocok Mentega Agar Kue Mengembang SempurnaYongki Gunawan Membuat Mascovis Orange Roll (Foto: detikFood)

Baca juga: Mau Belanja Mentega Wijsman Buat Kue Lebaran? Cek Harganya di Sini!

Ahli pastry Indonesia, chef Yongki Gunawan punya tips bagaimana cara mengocok mentega saat membuat kue terutama kue lapis legit.

Menurut sang chef, saat pengocokan mentega dan margarin sebaiknya kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan warnanya putih sekitar 10 menit.

Selain itu, pengocokan mentega sebaiknya dilakukan pada suhu ruangan yang dingin. "Jangan mengocok mentega dekat oven atau ruangan yang bersuhu panas, karena akan membuat mentega mudah mencair sehingga hasil kue tidak mengembang sempurna," ungkap chef Yongki.

Ruangan ber-AC bisa jadi pilihan atau sebaiknya mengocok mentega dilakukan pada malam atau pagi hari.

Selain itu penambahan mentega dengan sedikit susu kental manis juga bisa menghasilkan tekstur yang lembut.

Ini Aturan Mengocok Mentega Agar Kue Mengembang SempurnaHasil Kocokan Mentega dengan Hand Mixer (Foto: detikFood)

"Mengocok mentega dengan hand mixer tangannya jangan diem saja. Tapi supaya mengembang, tangan kita juga harus ikut bergerak," tambah Yongki memberikan tips.

Yongki Gunawan, selaku pakar pastry Indonesia mengatakan kue ini adalah kombinasi roll cake asli Indonesia. Lapis legit adalah kue manis yang berasal dari Indonesia. "Kita dijajah Belanda sehingga banyak belajar masakan dari Belanda. Belanda banyak menyimpan menu-menu dan bahan-bahan yang digunakan di sini (Indonesia)," jelas Yongki kepada detikFood (15/06).

Kalau ingin coba membuat mascovis orange roll sebagai hantaran lebaran, Anda bisa lihat cara pembuatannya langsung bersama chef Yongki Gunawan dengan melihat videonya di 20 detik ini!

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Indonesia