Membenahi Lemari Dapur

- detikFood Kamis, 18 Feb 2010 10:11 WIB
Jakarta - Lemari dapur telihat biasa karena hampir tiap hari dibuka dan ditutup. Padahal di sinilah tempat persediaan makanan kering dan segala keperluan logistik keluarga disiapkan. Karena itu kebersihan dan kerapiannya sangat penting. Apa saja yang perlu ditata dan diperhatikan?

Lemari : Lemari dapur bisa berupa lemari terpisah atau menempel di dinding menjadi bagian dari kitchen set. Sebaiknya tentukan dahulu lokasi atau bagian dari lemari yang akan dipakai untuk menaruh peralatan makan, peralatan masak dan bumbu serta bahan kering. Taruhlah lokasi bumbu dan bahan kering dekat dengan area masak sehingga mudah dijangkau dan mudah terlihat.

Kerapian:
Sebelum menaruh barang dan bumbu serta bahan-bahan kering, lap lemari hingga bersih dan kering. Alasi lemari dengan kertas Koran, atau kertas tebal atau karton agar tampak rapi dan bersih. Gunakan karton dan kertas bekas kalender atau kemasan untuk alas karena kertas ini biasanya kualitasnya bagus.

Wadah:
Khusus untuk bumbu kering, gunakan botol-botol atau wadah khusus untuk bumbu. Wadah ini bisa terbuat dari kaca, akrilik atau plastik dan dilengkapi dengan tutup kedap udara. Tutup ini untuk mencegah agar aroma rempah tetap awet dan bumbu tetap kering. Manfaatkan botol bekas selai atau acar untuk wadah karena botol-botol ini kualitasnya bagus. Atau belilah wadah-wadah khusus untuk bumbu. Untuk bahan kering, gunakan wadah/stoples yang bertutup. Misalnya wadah khusus untuk tepung terigu, gula, cokelat dan bahan-bahan kering lainnya. Jangan lupa tuliskan tanggal kadaluwarsa atau tanggal bahan dibeli agar mudah mengingatnya.

Penataan : Susun wadah ini secara rapi di dalam lemari. Bisa saja diurutkan dari frekuensi pemakaian. Wadah bahan yang sering dipakai bisa ditaruh di depan dan yang agak jarang dipakai di bagian belakang. Usahakan untuk memakai wadah yang berukuran hampir sama sehingga mudah ditata dan terlihat rapi. Bisa dipakai bahan dari plastik atau kaca atau akrilik.

Kebersihan :
Untuk menjaga kualitas bahan makanan tetap bagus, jangan menyimpan atau membeli bahan makanan dalam jumlah banyak. Belilah secukupnya untuk 2-3 kali pemakaian agar selalu mendapatkan bahan yang baru dan segar. Jadwalkan pengecekan kondisi bahan makanan dan kebersihan lemari makan pada saat tertentu. Misalnya 2 atau 3 bulan sekali. Dengan cara ini mudah mengontrol jumlah dan kualitas bahan makanan yang ada di lemari makan.

(eka/Odi)