Sayur Tumis Sehat dan Lezat

- detikFood Kamis, 21 Jan 2010 10:56 WIB
Jakarta - Terlihat mudah dan gampang tetapi menumis sayuran ternyata perlu kecermatan. Salah-salah sayuran yang ditumis jadi layu dan kurang menarik penampilannya. Padahal dengan sedikit trik aneka tumis sayuran bisa Anda siapkan dalam sekejap, rasanya enak dan cantik pula penampilannya. Temukan tipsnya berikut ini!

Sedikit Minyak: Tumis merupakan salah satu teknik memasak dengan menggunakan api besar dan sedikit minyak. Karena itu gunakan paling banyak gunakan 1 sdm minyak saja. Jika terlalu banyak minyak rasa alami dan renyah sayuran menjadi berkurang. Selain itu gunakan api besar saat mulai menumis bumbu dan sayuran. Panas yang tinggi akan membuat sayuran matang lebih cepat tanpa merusak tekstur sayuran. Selain itu warna sayuran tetap awet atau cantik.

Jenis Sayuran: Hampir semua jenis sayuran bisa ditumis. Baik sayuran daun, kacang-kacangan atau jenis sayuran yang keras. Agar tak membosankan buat padu padan sayuran misalnya sawi dengan jagung atau kacang merah. Perhatikan waktu yang diperlukan untuk mematangkan sayuran. Sayuran daun lebih cepat layu dan masak dibandingkan dengan jenis bijian dan kacang-kacangan. Karena itu masukkan sayuran daun paling akhir setelah sayuran yang keras setengah matang. Jika perlu rebus sebentar sayuran keras sebelum ditumis.

Paduan Bahan: Untuk memperkaya cita rasa bahan-bahan lain bisa ditambahkan, misalnya daging asap, ayam asap, bakso, telur, daging sapi, daging ayam dan bahan-bahan lainnya. Pilihlah bahan-bahan yang cepat proses pematangannya dan bisa dilakukan bersamaan dengan pemasakan sayuran. Potong atau iris bahan-bahan dalam ukuran yang tipis dan kecil agar cepat matang.

Bumbu: Bumbu yang dipakai untuk menumis antara lain bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabai merah, atau cabai hijau. Sebagai bahan tambahan bisa dipakai kecap manis, kecap manis, minyak wijen, saus tiram, saus cabai, atau saus BBQ. Tambahkan merica putih dan merica hitam untuk memberi rasa pedas yang enak.

Panas:
Tumis sayuran sebaiknya disajikan dalam keadaan segar dan panas. Karena jika dibiarkan terlalu lama apalagi dipanaskan ulang, kandungan vitamin dalam sayuran akan hilang atau berkurang. Rasa sayuran menjadi kurang renyah dan kurang enak lagi. Buat dan siapkan tumis sayuran sebanyak yang diperlukan sehingga tidak ada yang bersisa atau berlebihan.

(eka/Odi)