Variasi Lain Setup Buah

- detikFood Kamis, 19 Nov 2009 10:49 WIB
Jakarta - Kalau di saat udara panas, setup buah yang manis dingin pasti jadi sajian yang menyegarkan. Namun, untuk menangkal udara dingin, setup buah bisa juga disajikan hangat. Apa saja variasinya? Bagaimana menyajikannya? Temukan info lengkapnya di sini!

Hangat: Setup buah memng lazim disajikan dalam bentuk segar dan dingin. Potongan buah segar disajikan dengan sirop gula atau sirop beraroma atau jus buah segar ditambah air soda dan es batu. Namun, setup buah juga bisa disajikan hangat. Setup buah ini biasa menjadi sajian pencuci mulut di negara empat musim saat musim dingin. Rasa segar buah tetap kuat berpadu dengan rasa manis yang seimbang. Tentu saja setup buah hangat ini sama enaknya dengan setup buah dingin..

Buah Kering: Untuk membut setup buah hangat bisa dipakai aneka buah kering seperti ceri, kismis, kulit jeruk, aneka buah berry,fig, peach dan lain-lain. Bisa juga berupa kombinasi buah kering dan segar seperti peach, pir, nanas, atau apel dengan aneka buah kering. rasa renyah segar beradu dengan rasa manis alami buah. Bisa disajikan untuk pencuci mulut ataupun pelengkap crepe, pancake dan es krim.

Rempah: Rempah-rempah segar dan kering sangat cocok untuk dipadukan dalam setup buah hangat. Misalnya jahe, kayu manis, kapulaga, cengkih, serai dan pekak. Bisa juga ditambahkan kulit jeruk manis atau jeruk lemon sebagai pentegar aroma. Rebuslah air gula bersama rempah-rempah hingga beberapa saat baru tambahkan aneka buah kering. Masak terus hingga buah
lunak. Jika ingin aroma lebih wangi bisa dipakai gula merah atau gula palem. Diamkan buah yang sudah direbus ini hingga dingin selama beberapa saat agar aroma rempah menyatu dengan buah kering.

Penyajian: Setup buah hangat bisa disajikan langsung dengan tambahan krim kocok atau 1 skop es krim vanili. Setup ini juga bisa dipakai sebagai saus puding hangat atau crepe atau pancake. Cara sederhana, sajikan setup buah dengan sepotong biskuit yang renyah atau manis.

(eka/Odi)
DMentor
×
Bisnis Untuk Si Introvert
Bisnis Untuk Si Introvert Selengkapnya