Menyajikan Kopi Hangat

- detikFood Kamis, 29 Okt 2009 10:27 WIB
Jakarta - Udara musim hujan sudah mulai terasa dingin menggigit. Minuman panas yang harum tentu jadi suguhan yang dinanti. Kopi panas tak harus berupa kopi tubruk atau kopi susu. Dengan sedikit kreasi, kopi hangat bisa tampil lebih memikat dan lebih hangat. Caranya mudah lho! Coba aja intip info berikut ini.

Kopi Hangat: Kopi yang disajikan panas bisa dibuat dari kopi bubuk instan atau biji kopi yang digiling. Jika ingin rasa yang lebih kuat dan aroma yang lebih tajam, sebaiknya buat air kopi dari kopi bubuk atau kopi giling. Sebaliknya jika ingin rasa yang lebih ringan, gunakan kopi bubuk instan. Jenis dan merknya bisa disesuikan selera. Jenis kopi giling biasanya dari biji kopi Rabusta atau Arabika atau campuran keduanya. Biji kopi dri Sumatra, Jawa atau Bali termasuk jenis populer yang digemari banyak orang.

Rempah : Selain diseduh dengan air panas dan diberi creamer atau susu, air kopi juga bisa diberi aroma rempah. Bukan hanya aromanya jadi wangi tetapi rempah-rempah juga berkhasiat buat tubuh. Misalnya jahe, kapulaga, kayu manis atau cengkih. Agar rasa dan aromanya kuat, sebelum diseduh, rebus dahulu air bersama rempah-rempah hingga mendidih beberapa saat lalu saring. Gunakan air panas rebusan rempah ini untuk menyeduh kopi. Jika memakai kopi bubuk yang digiling bisa saja langsung direbus bersama rempah lalu disaring.

Rasa Gurih : Untuk rasa gurih bisa ditambahkan creamer, susu segar atau krim encer. Rasa pahit kopi beradu dengan gurihnya susu memberi rasa enak di lidah. Kalau mau bisa juga dipakai susu kental manis. Beberapa minuman kopi hangat tradisional memakai santan sebagai campurannya.

Aroma : Untuk penambah aroma harum bisa dipakai dan ditambahkan daun panda, serai atau kulit jeruk manis (jenis Navel) atau jeruk lemon yang dicmapurkan dalam air perebus. Setelah air mendidih, sebaiknya angkat bahan penambah aroam ini agara romanya tidak terlalu kuat atau tajam karena aroma yang terlalu tajam bisa merusak aroma kopi.

Pelengkap: Kopi hangat dengan aneka rasa dan aroma ini paling enak dinikmati dengan kue-kue yang tidak terlalu manis. Bisa jenis kue tradisional atau kue-kue kering yang memakai bahan kacang-kacangan atau kue potong jenis bolu tanpa krim atau olesan berlebihan.

(eka/Odi)