Menu Halal-Bihalal Praktis

- detikFood Kamis, 01 Okt 2009 10:16 WIB
Jakarta - Acara keluarga berupa arisan sekaligus halal-bihalal mungkin sudah menanti dalam minggu-minggu depan ini. Sebagai nyonya rumah Anda perlu menyiapkan menu. Tak harus mewah berlimpah yang penting praktis dan mengenyangkan. Apa saja persiapannya?

Realistis: Jangan merancang menu dengan makanan berlimpah, banyak dan beragam jenisnya. Selain memboroskan biaya, makanan juga tak bisa dinikmati dengan baik oleh kerabat. Cobalah fokus dengan apa yang Anda bisa dan mampu. Misalnya, menu dengan tema 'Makanan Ndeso' atau 'Makanan Makasar'. Selain menjadi lebih praktis, jumlah hidangan juga tak perlu banyak.

Jenis & Jumlah: Setelah menentukan tema menu, tentukanlah jumlah dan jenis hidangannya. Jangan terpaku bahwa makanan yang disediakan harus lengkap dan banyak. Cobalah pilih jenis camilan yang cukup mengenyangkan seperti panada, makaroni panggang, atau lasagna. Tambahkan 1-2 jenis makanan utama yang berjenis one dish meal, misalnya mi bakso komplet, ketupat sayur atau nasi kebuli.

Persiapan: Jika tenaga asisten belum lengkap dan kegiatan di dapur belum pulih, sebaiknya jangan mencoba mengolah makanan sendiri apalagi dalam jumlah banyak. Pilih saja 1-2 macam hidangan praktis atau kue yang sudah biasa Anda buat. Jenis makanan lain bisa dipesan atau minta tolong kerabat untuk menyiapkannya. Contoh menu, kue asin: lemper bakar dan panada, kue manis: pisang cokelat, kue lapis, menu utama: nasi kebuli, siomay Bandung, dan pencuci mulut; puding buah.

Peralatan:
Kalau memang tak ada cukup tenaga yang membantu menyiapkan dan membereskan peralatan makan bisa dipakai cara praktis. Meminjam peralatan makan dari tempat persewaan berikut tenaganya atau pakai piring dan mangkuk plastik atau akrilik. Sajikan minuman ringan atau air putih dalam kemasan yang lebih praktis karena tak perlu mencuci gelas-gelas.



(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com