Menyantap Makanan a la Prasmanan

- detikFood Kamis, 23 Apr 2009 09:59 WIB
Jakarta - Dalam pesta perkawinan dan pesta lainnya, umumnya makanan disajikan secara prasmanan atau buffet. Berbagai makanan disajikan dan tamu bebas mengambil makanan sesuai selera. Sebenarnya bagaimana aturan mengambil dan menyantap makanan buffet ini? Apakah sopan jika mondar-mandir mengambil makanan? Apa saja yang perlu diperhatikan saat makan? Temukan jawabannya di sini!

Jenis Menu: Menu prasmanan yang biasa disajikan dalam acara pesta meliputi makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup dan beberapa jenis makanan lain yang disajikan dalam counter terpisah yang sering disebut 'menu gubug' oleh beberapa jasa catering. Makanan yang disajikan ini biasanya sangat beragam. Bisa berupa campuran makanan Indonesia, Asia dan Eropa. Tentunya dengan maksud tamu bisa memilih makanan sesuai selera. Tidak semua makanan harus dicicpi dan dimakan. Banyaknya makanan yang disediakan juga disesuaikan dengan jumlah tamu yang diundang atau hadir.

Cara Mengambil: Pengambilan makanan lazimnya dilakukan dengan cara mengantri. Karena itu antrilah sesuai dengan urutan dan sopan. Ambil piring dan peralatan makan sesuai dengan keperluan. Misalnya, saat mengambil sup, jangan lupa ambil tatakan mangkuknya dan sendoknya. Makanan tidak harus diambil semuanya, apalagi dalam jumlah banyak. Yang terbaik, sebelum menentukan pilihan, obalah lihat berkeliling ruang santap, menu apa saja yang ditawarkan. Acara makan bisa diawali dengan mengambil makanan pembuka seperti salad atau sup. Ambilkah dalam jumlah kecil saja, jika kurang Anda masih bisa mengambil kembali. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan makanan utama dan makanan lain. Jangan mengambil makanan dalam jumlah banyak dan sekaligus. Karena hal ini mengesankan Anda sangat lapar dan takut kehabisan makanan.

Cara Menyantap: Terapkan cara makan seperti layaknya Anda makan di rumah. Lakukan secara bertahap dan perlahan. Gunakan waktu makan untuk ngonrol atau berkenalan dengan tamu lain. Usahakan tiap makanan yang Anda ambil habis disantap. Jangan menyisakan makanan di piring. Hal ini bisa menandakan makanan yang disajikan kurang enak atau Anda kekenyangan sehingga tak sanggup mengambil makanan. Ingat, dalam menyantap makanan prasmanan Anda boleh mengambil dan makan makanan beberapa kali sepuasnya. Karena itu tak perlu terburu-buru. Hindari menaruh makanan dalam jumlah banyak sekaligus di meja karena selain tak sopan juga mengesankan Anda sangat lapar dan rakus!

Peralatan Makan: Di meja santap biasanya tersedia sendok, garpu dan gelas minuman. Jika tak tersedia, sebaiknya ambil peralatan makan di meja prasmanan saat mengambil makanan. Jika tidak tersedia meja santap, atau makan secara berdiri atau 'standing', pilihlah alat makan yang pisa dipegang dengan satu tangan seperti sendok saja aau garpu saja karena tangan yang satu harus memegangi alas piring.

(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com