Menyajikan Roti

- detikFood Kamis, 05 Feb 2009 10:55 WIB
Jakarta - Sekarang roti yang tersedia di pasaran tak hanya roti tawar dan roti manis saja. Berbagai jenis roti tawar juga mudah dibeli di toko roti. Belumlagi roti juga mudah disajikan di acara pesta. Rasanya yang bervariasi membuat roti enak dimakan dengan sup atau salad. Apa saja jenis roti tawar yang bisa dipilih? Bagaimana cara menyajikan dan menyimpannya? Temukan infonya berikut ini!

Roti tawar: Yang disebut roti tawar adalah roti tanpa rasa atau roti yang tidak manis Tentu saja tidak terbatas pada roti tawar biasa dalam bentuk loaf atau segi empat alias kabin. Roti tawar memiliki beragam jenis tergantung dari jenis gandum yang dipakai juga campuran aneka biji-bijian yang ditambahkan. Karena gandum dan biji-bijian bukan produksi lokal atau dalam negeri maka harganya relatif mahal dan hanya bisa dibeli di tempat tertentu. Namun, belakangan ini hampir semua toko roti besar memiliki beragam jenis roti tawar yang enak.

Jenis: Selain roti tawar putih alias white bread, juga ada roti tawar cokelat alias brown bread.  Roti ini dibuat dari tepung gandum cokelat yaitu gandum yang tak dikupas kulit arinya sehingga warnanya kecokelatan. Jenis lain yang banyak dijual adalah multigrain bread (memakai beragam bijian), sesame bread (memakai taburan wijen), poppy seed bread (memakai biji kaskas) juga champagne bread, soya bread, tiger bread dan roti Prancis.

Penyajian : Semua jenis roti tawar di atas merupakan pengganti nasi atau kentang. Karena itu cocok disajikan dengan sup atau salad dan aneka hidangan barat lainnya. Penyajiannya cukup diiris setebal 1 cm dan disajikan dengan mentega tawar yang beku. Sebaiknya taruh irisan roti dalam keranjang beralas serbet atau di atas talenan kayu.

Menyantap: Untuk menyantap roti ini, caranya cukup disobek dan dioles dengan sedikit mentega tawar (memakai pisau mentega yang disediakan). Bisa juga dimakan dengan aneka keju lunak. Jangan mengoleskan seluruh roti dengan mentega seperti membuat sandwich atau memotong roti dengan pisau di atas piring. Cara ini kurang tepat.

Menyimpan: Semua jenis roti tawar yang tidak habis dikonsumsi masih bisa disimpan. Agar tetap segar dan enak, bungkus roti dengan plastik tebal dan simpan dalam freezer (bukan di lemari es). Saat akan disantap, keluarkan dari freezer dan biarkan hingga lumer dan roti akan segar kembali. Anda tinggal menghangatkan sebentar dalam oven.
(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com