Ini Alasan Ilmiah Mengapa Orang Sering Lapar Setelah Ngopi

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini Alasan Ilmiah Mengapa Orang Sering Lapar Setelah Ngopi

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 18 Jan 2023 07:30 WIB
Ini Alasan Ilmiah Mengapa Orang Sering Lapar Setelah Ngopi
Foto: Ilustrasi iStock
Jakarta -

Bukan kenyang dan berenergi, beberapa orang justru sering merasa lapar usai minum kopi. Ternyata ada penjelasan ilmiah di balik rasa lapar ini.

Kebanyakan orang sudah terbiasa meminum kopi di pagi hari untuk membuat tubuh lebih bersemangat, hingga membuat orang lebih fokus. Jika diminum sesuai anjuran, kopi memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bahkan bisa mencegah beberapa penyakit seperti penyakit jantung, menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga meningkatkan mood dan menurunkan depresi.

Namun ada beberapa orang yang merasa lebih lapar usai minum kopi. Dilansir dari Road Coffee (17/01), ada beberapa penyebab tubuh merasa lapar usai ngopi.

Berikut beberapa alasan di balik perut lapar setelah minum kopi.

Baca Juga: 5 Efek Samping Jika Remaja Terlalu Banyak Minum Kopi" selengkapnya


1. Membakar Kalori

Ini Alasan Ilmiah Mengapa Orang Sering Lapar Setelah NgopiIni Alasan Ilmiah Mengapa Orang Sering Lapar Setelah Ngopi Foto: Ilustrasi iStock

Kafein dalam kopi bisa membantu membakar kalori dan meningkatkan energi pada tubuh. Selama proses pembakaran kalori ini, tubuh akan menganggap bahwa mereka membutuhkan energi.

Akhirnya muncul lah rasa lapar secara alami dari tubuh. Memang kopi bisa menahan rasa lapar dengan menurunkan kadar grelin di tubuh. Tapi efek ini hanya berlangsung selama 60-120 menit.

Karena tubuh membakar kalori, akhirnya tubuh butuh tambahan energi untuk menyeimbangkannya lagi. Makanya orang-orang sering lapar dan ngidam banyak makanan usai ngopi.

2. Efek Samping Rasa Lapar dari Kopi

Sebenarnya tidak ada masalah dengan rasa lapar yang terjadi usai ngopi. Selama makanan yang dikonsumsi tidak berlebihan, dan memilih makanan yang lebih sehat agar tidak membahayakan kesehatan.

Namun banyak ahli kesehatan yang menyarankan agar kandungan cafein yang dikonsumsi orang setiap harinya cukup 400 mg saja. Atau setara dengan empat cangkir kopi.

3. Makanan Sehat Usai Ngopi

Ini Alasan Ilmiah Mengapa Orang Sering Lapar Setelah NgopiIni Alasan Ilmiah Mengapa Orang Sering Lapar Setelah Ngopi Foto: Ilustrasi iStock

Banyak orang yang bertanya makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi usai minum kopi. Semuanya tergantung dengan kebutuhan nutrisi atau kondisi kesehatan masing-masing.

Ada orang yang memiliki masalah pencernaan, dan disarankan untuk ngopi setelah menyantap makanan. Karena kopi mengandung asam yang bisa menganggu sistem pencernaan, serta kafeinnya bisa membuat asam lambung naik.

Beberapa orang yang minum kopi saat perut kosong sering mengalami efek samping seperti pusing kepala, mual hingga muntah.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT