5 Manfaat Ubi Jalar yang Kini Populer sebagai Karbohidrat Sehat

ADVERTISEMENT

5 Manfaat Ubi Jalar yang Kini Populer sebagai Karbohidrat Sehat

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 10 Jan 2023 05:00 WIB
5 Manfaat Ubi Jalar yang Kini Populer sebagai Karbohidrat Sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto/HandmadePictures
Jakarta -

Ubi jalar kini tengah populer menjadi santapan bagi pelaku diet. Sumber karbohidratnya dinilai lebih sehat daripada makanan lain. Ternyata ini manfaatnya!

Akhir-akhir ini kesadaran masyarakat untuk hidup lebih sehat kian meningkat. Asupan karbohidrat yang lebih sehat semakin dicari dan diminati oleh pelaku diet.

Tak hanya melalui berbagai nasi pengganti nasi putih atau biji-bijian saja, ubi jalar kini mulai populer untuk dikonsumsi sebagai asupan diet. Menurut ahli gizi, ubi jalar memang memiliki kandungan yang kaya untuk menjaga kesehatan jantung seperti potasium, antioksidan, vitamin C dan E.

Harganya yang murah meriah serta dapat diolah dengan cara yang lebih mudah membuatnya kian diminati sebagai asupan makanan yang sehat. Ternyata tak hanya untuk membantu menurunkan berat badan, ubi jalar memiliki banyak manfaat sehat untuk tubuh.

Baca juga: Curang! Pria Ini Menyamar Jadi Pengantar Makanan Demi Makan Gratis

Berikut ini 5 manfaat konsumsi ubi jalar menurut Real Simple:

5 Manfaat Ubi Jalar yang Kini Populer sebagai Karbohidrat SehatVitamin A pada ubi jalar baik untuk kesehatan mata. Foto: Getty Images/iStockphoto/HandmadePictures

1. Menjaga kesehatan mata

"Warna oranye pada ubi jalar menunjukkan kandungan beta-karoten, antioksidan yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh," kata Allison Knott selaku ahli diet asal New York.

Vitamin A merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk mencegah kerusakan kualitas penglihatan dengan cara menjaga kornea mata tetapi terhidrasi dan sehat. Vitamin A juga dapat membantu mencegah perkembangan katarak pada mata.

Ahli gizi menyarankan untuk setidaknya mengonsumsi sebuah ubi jalar berukuran sedang setiap hari. Cara ini dinilai efektif untuk membantu memenuhi 500% dari kebutuhan vitamin A setiap hari.

2. Mengendalikan tekanan darah

Banyak yang menyarankan untuk mengurangi asupan garam demi menjaga tekanan darah tetap stabil. Nyatanya, mengonsumsi potasium akan lebih efektif untuk mengendalikan tekanan darah di dalam tubuh.

Knott menjelaskan bahwa potassium yang ada pada ubi jalar memiliki peran penting untuk mengatur tekanan darah. Menurut National Institutes of Healths sebanyak 450 miligram ubi jalar setidaknya butuh untuk dikonsumsi bagi orang dewasa setiap hari.

Baca juga: Duh! 5 Pelanggan Ini Kabur dari Restoran Tanpa Bayar Makanan

Manfaat konsumsi ubi jalar lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT