Saat Asam Lambung Naik, Konsumsilah 7 Makanan dan Minuman Ini

ADVERTISEMENT

Saat Asam Lambung Naik, Konsumsilah 7 Makanan dan Minuman Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 25 Des 2022 05:00 WIB
Es Kopi Susu Nabati
Foto: iStock, claire lower
Jakarta -

Penderita asam lambung biasanya merasakan nyeri di bagian perut ketika sedang kambuh. Ada beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk asam lambung.

GERD atau asam lambung merupakan penyakit yang menyerang bagian pencernaan tubuh seseorang. Ketika asam lambung sedang naik, terasa nyeri di area sekitar perut yang didahului dengan gejala sensasi terbakar di dada serta tenggorokan.

Saat sedang merasakan gejala asam lambung naik, jangan mengonsumsi makanan yang justru memperparah kondisinya. Sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat meredakan gejalanya.

Melansir Medicine Net (3/3/2022), ada beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan asam lambung. Di antaranya ada oatmeal, susu nabati, hingga buah non-citrus.

Baca Juga: 9 Makanan Pemicu Asam Lambung Naik, Enak Tapi Perlu Dihindari

Berikut 7 makanan dan minuman yang dapat menyembuhkan asam lambung:

1. Oatmeal

Cara Nikmati OatmealOatmeal Foto: Getty Images/iStockphoto

Salah satu makanan yang dapat menyembuhkan asam lambung harus hang mengandung serat tinggi. Karena, kandungan serat dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Makanan yang mengandung serat tinggi berasal dari biji-bijian. Makanan ini dapat ditemui pada oatmeal, roti, dan nasi merah. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin agar asam lambung tak kambuh.

Selain manfaatnya untuk pencernaan, makanan yang kaya akan serat juga membantu rasa kenyang lebih tahan lama. Ini juga membantu kamu tak berlebihan saat mengonsumsi makanan.

2. Jahe

Jahe merupakan rempah yang biasa digunakan untuk pengobatan alami karena mengandung gingerol. Rempah satu ini memiliki rasa yang agak pedas dan sensasi hangat.

Di dalamnya juga banyak mengandung zat anti-inflamasi alami yang membantu dalam menyembuhkan asam lambung. Biasanya jahe ini diracik menjadi minuman ketika sakit perut dan pencernaan terganggu.

3. Daging Tanpa Lemak

dada ayamdada ayam Foto: iStock

Penderita asam lambung juga harus memperhatikan konsumsi daging. Sebaiknya memilih daging yang lemaknya lebih rendah.

Daging yang rendah lemak seperti ayam dan beberapa jenis ikan dapat membantu dalam mengurangi gejala asam lambung. Protein nabati rendah lemak seperti tahu dan tempe juga baik dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Asam Lambung



Simak Video "Sensasi Menjajal Malatang, Makanan Asal China dengan Rempah Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT