7 Pola Makan Sehat yang Murah Meriah dari Dr Zaidul Akbar

ADVERTISEMENT

7 Pola Makan Sehat yang Murah Meriah dari Dr Zaidul Akbar

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 17 Des 2022 05:00 WIB
7 Pola Makan Sehat yang Murah Meriah dari Dr Zaidul Akbar
Foto: Getty Images/Jasmina007
Jakarta -

Menerapkan gaya hidup sehat ala Rasulullah, dr Zaidul Akbar bagikan tujuh pola makan sehat yang murah meriah. Ada beberapa makanan yang bisa menjadi alternatif.

Bukan hanya disarankan oleh ahli kesehatan dan dokter, pola hidup sehat melalui pemilihan makanan yang baik dan menyehatkan juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Kebiasaan hidup sehat ala Rasulullah SAW ini yang kemudian dipraktikkan oleh dr Zaidul Akbar dan disebarkan melalui berbagai kajiannya.

Salah satunya adalah cara menerapkan pola makan sehat dengan langkah yang murah meriah dan mudah untuk dilakukan. Tanpa makanan-makanan mahal atau premium, dr Zaidul Akbar menyebutkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Satu per satu kebiasaan makan orang Indonesia, sebutkan dapat diubah dengan beberapa penyesuaian dan bahan-bahan makanan alternatif. Melalui akun YouTubenya dr Zaidul Akbar Official, ia mengungkapkan pola makan murah meriah yang menyehatkan. Cek daftarnya.

Baca juga: Kocak! Pengantar Makanan Ini Terjebak di Acara Lamaran Pelanggannya

Berikut ini 7 pola makan sehat dari dr Zaidul Akbar melalui akun YouTube dr Zaidul Akbar Official:

7 Pola Makan Sehat yang Murah Meriah dari Dr Zaidul Akbardr Zaidul Akbar menyarankan konsumsi karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Foto: Getty Images/Jasmina007

1. Mengganti karbohidrat kompleks

Nasi menjadi salah satu sumber karbohidrat yang dikonsumsi setengah dari masyarakat Indonesia. dr. Zaidul Akbar mengatakan bahwa nasi putih yang banyak dikonsumsi sebenarnya memiliki kandungan gula yang lebih banyak.

Dibandingkan dengan mengonsumsi karbohidrat dengan gula yang tinggi, dr Zaidul Akbar lebih menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks yang tinggi serat. Sejalan dengan hal ini, banyak hasil penelitian yang juga menganjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti nasi merah dan sebagainya.

2. Perbanyak konsumsi sayur

Memperhatikan komposisi piring makan menjadi salah satu yang paling disarankan oleh dr. Zaidul Akbar. Menurutnya masih banyak orang yang mengonsumsi karbohidrat lebih banyak dengan serat yang bisa didapatkan melalui konsumsi sayuran di atas piringnya.

Setidaknya dalam seporsi makanan yang akan disantap, komposisi sayuran minimal harus sama banyak dengan karbohidrat atau bahkan memenuhi setengah dari piring makan. Baru kemudian dilengkapi dengan karbohidrat dan protein lainnya.

3. Tambahkan asupan protein

Ketika ingin mendapatkan komposisi makanan yang tepat, dr Zaidul Akbar mengingatkan untuk tak pernah lupa menambahkan asupan protein. Protein yang dimaksud tak hanya protein dari hewani saja tetapi juga berbagai protein yang bisa didapatkan melalui asupan nabati.

"Protein itu harus selalu hadir dalam makanan. Misalnya nasinya 1/4 piring, sayurnya boleh 1/2 atau 1/4, sisanya bisa dengan protein seperti tahu atau tempe," kata dr Zaidul Akbar. Dirinya juga mengatakan bahwa protein tidak selamanya didapatkan dari daging atau makanan yang mahal, protein seperti tempe yang murah meriah juga cocok dikonsumsi setiap hari.

Pola makan sehat dan murah meriah lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT