Sesak Napas Setelah Minum Kopi? Bisa Jadi Ini Sebabnya

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Sesak Napas Setelah Minum Kopi? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 06 Nov 2022 05:00 WIB
Woman suffering an anxiety
Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz
Jakarta -

Sebagian orang kerap merasakan sesak napas setelah mengonsumsi kopi. Hal ini dapat terjadi kalau kamu memiliki masalah kesehatan, terutama penyakit terkait jantung.

Kopi merupakan minuman yang baik dikonsumsi karena dapat memberikan manfaat kesehatan. Seperti meningkatkan imunitas dan menambah energi.

Bagi sebagian orang, minum kopi juga dapat menberikan efek buruk bagi kesehatan. Salah satunya merasakan sesak napas setelah mengonsumsinya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Baca Juga: 7 Mitos Efek Minum Kopi yang Sebaiknya Tak Usah Dipercaya

Minum Kopi untuk Cegah InflamasiEfek Minum Kopi Foto: Getty Images/iStockphoto

Dilansir dari Live Strong (3/12/2019), sesak napas setelah minum kopi biasa dirasakan oleh mereka yang memiliki masalah kesehatan, terutama pada bagian jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang ada di dalam kopi.

Harvard Health Publishing menjelaskan kalau mengonsumsi lebih banyak kafein daripada yang direkomendasikan dapat menimbulkan masalah bagi seseorang dengan penyakit jantung. Itu karena kadar kafein yang tinggi atau overdosis kafein.

Hal tersebut dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Kondisi ini membuat sebagian orang merasakan sesak napas setelah mengonsumsi kopi. Oleh karenanya, minum kopi ada batasan maksimalnya agar tidak mengganggu kesehatan jantung.

Baca Juga: Ladies, Kenali 5 Efek Samping Minum Kopi Saat Menstruasi

7 Menu Kopi Paling Sehat hingga yang Wajib Dihindari, Mana Favoritmu?kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Kongphop Petwichai

Batasan maksimal asupan kopi telah diatur oleh Food and Drugs (FDA) Amerika Serikat. Jika seseorang dalam kesehatan yang baik dan memiliki toleransi terhadap kafein, maka bisa menikmatinya hingga batas maksimal 400 miligram kafein atau sekitar 4 cangkir per hari.

Selain itu, jika seseorang sensitif terhadap kafein atau mengalami overdosis kafein, sebaiknya mengurangi minum kopi atau tidak mengonsumsinya sama sekali. FDA menjelaskan beberapa efek samping yang terkait dengan konsumsi kafein berlebihan, yaitu jantung berdebar, insomnia, gelisah, kecemasan, sakit perut, mual dan sakit kepala. Efek samping ini dapat muncul segera atau menunggu beberapa saat setelah mengonsumsi kopi.

Penting untuk mengetahui kondisi tubuh masing-masing. Jika merasakan sesak nafas saat minum kopi, kamu bisa meninggalkan minuman tersebut dan menggantinya dengan yang lebih sehat. Kalau merasakan gejala sesak napas yang sering, perawatan dokter sangat diperlukan.

Baca Juga: Benarkah Minum Kopi Sebelum Olahraga Lebih Sehat? Ini 5 Faktanya



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT