ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Minum Kopi Sebabkan Sakit Kepala? Ini Sebabnya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 01 Nov 2022 07:00 WIB
Minum kopi sebabkan kepala pusing
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bagi sebagian orang, minum kopi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya sakit kepala. Berikut penjelasan dari ahli soal efek tersebut.

Kopi dapat memberikan efek positif untuk tubuh, seperti meningkatkan imunitas hingga menurunkan berat badan. Namun, kopi juga dapat memberikan efek negatif ke sebagian orang.

Dilansir dari Mayo Clinic (12/10), ternyata kopi dapat menimbulkan efek sakit kepala untuk sebagian orang, ada juga orang justru sembuh sakit kepalanya setelah minum kopi. Ternyata, kafein pada kopi memang dapat melakukan keduanya.

Selama sakit kepala, pembuluh darah membengkak dan mengencang, akibatnya aliran darah mengalami peningkatan di sekitar otak. Peningkatan ini akan mengirim pesan rasa sakit ke otak yang menyebabkan sakit kepala.

Minum kopi sebabkan kepala pusingMinum kopi sebabkan kepala pusing Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: 3 Alasan Minum Kopi Picu Jerawat dan Cara Menghindarinya

Bagi sebagian orang yang sakit kepalanya mereda setelah minum kopi, dikarenakan kafein memiliki sifat vasokonstriksi. Sifat ini membuat pembuluh darah menyempit untuk membatasi aliran darah, sehingga dapat mengurasi rasa sakit.

Kafein ini juga bekerja dengan baik saat dikonsumsi bersamaan dengan obat pereda nyeri. Seperti aspirin, ibuprofen atau asetaminofen. Kafein ini akan meningkatkan penyerapan dan kekuatan obat untuk memberikan bantuan yang lebih cepat.

Baca Juga: Sakit Perut Usai Minum Kopi? Inilah Penyebabnya

Bagi mereka yang sakit kepala setelah minum kopi, ini tergantung pada efeknya saat mengonsumsinya secara teratur. Saat konsumsi kopi dihentikan, pembuluh darah justru membesar. Hal ini menyebabkan peningkatan aliran darah di sekitar otak dan memberikan tekanan di sekitar saraf.

Minum kopi sebabkan kepala pusingMinum kopi sebabkan kepala pusing Foto: Getty Images/iStockphoto

Kemudian, dapat memicu sakit kepala karena penarikan kafein. Sakit kepala yang dirasakan ini dapat berlangsung selama beberapa minggu karena tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan tidak adanya kafein.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika sakit kepala setelah minum kopi? Kamu harus memerhatikan berapa banyak kafein yang dikonsumsi dan harus mengetahui pengaruhnya. Jika sering mengalami sakit kepala, pertimbangkan untuk mengurangi asupan kafein secara perlahan dan mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

Baca Juga: Zonk! Pesanan Kari Pria Ini Dilahap Habis oleh Sopir Ojol



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT