ADVERTISEMENT

5 Gula Alami Ini Lebih Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 14 Sep 2022 07:00 WIB
5 Gula Alami Ini Lebih Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes
Foto: Getty Images/iStockphoto/baibaz
Jakarta -

Bagi penderita diabetes, pemanis adalah musuh utama. Ternyata ada pemanis alami untuk menggantikan gula yang lebih sehat untuk kadar gula darah. Cek daftarnya.

Gula menjadi salah satu bahan makanan yang diandalkan sebagai pemanis baik makanan maupun minuman. Sayangnya gula dapat berdampak negatif bagi tubuh jika tidak dikonsumsi pada takaran yang semestinya.

Terutama pada penderita diabetes, asupan makanan dan minuman manis harus sangat diperhatikan. Menurut banyak penelitian, gula dikategorikan ke dalam makanan yang melalui proses tinggi dan berkaitan erat dengan obesitas hingga penyakit jantung.

Pola hidup sehat yang kini banyak berkembang juga tidak menyarankan untuk mengonsumsi gula. Selaku ahli gizi, dr Rohini Patil menyarankan beberapa pemanis alami yang lebih sehat dan cocok untuk menggantikan gula dalam makanan atau minuman.

Berikut ini 5 pengganti gula putih yang lebih sehat untuk penderita diabetes menurut Times of India:

5 Gula Alami Ini Lebih Aman Dikonsumsi Penderita DiabetesTanaman stevia dinobatkan menjadi pemanis alami yang paling sehat. Foto: Getty Images/iStockphoto/baibaz

1. Stevia

stevia merupakan pemanis alami yang terbaut dari olahan daun stevia. Akhir-akhir ini banyak produk gula diet yang menggunakan stevia sebagai bahan dasarnya yang lebih sehat.

Stevia memiliki kalori nol dengan rasa yang justru jauh lebih manis dibandingkan dengan gula. Mengganti asupan gula dengan stevia disebutkan dapat membantu mencegah kenaikan berat badan hingga kadar gula darah yang melonjak.

Untuk penderita diabetes sekalipun, stevia diakui sebagai salah satu pemanis yang cocok untuk dikonsumsi. Stevia disarankan untuk dikonsumsi saat siang hari agar tidak terjadi penumpukan karbohidrat saat malam hari.

2. Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang juga disebut sebagai pemanis alami terbaik. Khasiat kurma sudah dikenal sejak zaman nabi, khalifah hingga kini dipercaya oleh berbagai pengobatan herbal.

Pada buah kurma terkandung fruktosa yang artinya buah ini memiliki rasa manis sama seperti gula. Selain itu kurma juga mengandung banyak nutrisi seperti serat, potassium, zat besi dan magnesium yang membantu memproduksi protein di dalam tubuh.

Konsumsi kurma secara rutin juga dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi. Komponen serta khasiat buah kurma yang sangat kaya membuat banyak ahli menyarankan untuk mengganti gula dengan kurma.

Pengganti gula yang lebih sehat lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT