ADVERTISEMENT

Tak Bikin Bodoh, Netizen Ini Buktikan Bahwa MSG pada Makanan Bisa Bermanfaat

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 27 Jul 2022 06:00 WIB
Manfaat menggunakan micin
Foto: iStock
Jakarta -

Monosodium glutamate atau MSG diklaim sebagai penyedap masakan yang berbahaya. Namun, netizen ini membuktikan bahwa menambahkan MSG ke makanan bisa bermanfaat.

MSG adalah penyedap rasa makanan yang umum digunakan, salah satunya adalah micin. Menambahkan MSG bisa memberikan rasa gurih dan sedap pada makanan.

Namun di balik itu, MSG sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan. Bahkan MSG disebut-sebut bisa menyebabkan bodoh. Dikutip dari beberapa sumber, anggapan itu tidak benar.

MSG adalah salah satu asam amino non-esensial yang terbentuk secara alami. Seorang netizen membuktikan bahwa memasukkan MSG ke dalam makanan bisa memberikan manfaat.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Sehat untuk Turunkan BB Karena Gemuk Air

Manfaat menggunakan micinManfaat menggunakan micin Foto: iStock

Berawal dari sebuah merek micin yang mengunggah video berisi informasi bahwa menambahkan MSG dan mengurangi garam dapat menurunkan kadar natrium dalam makanan hingga 40%.

Video itu lantas mendapat dukungan dari netizen. Bahkan seorang netizen bernama Alim telah membuktikan hal tersebut. Selama hampir sebulan ia selalu memasukkan micin dan tidak menggunakan garam.

Cara tersebut membuat rasa makanannya lebih enak daripada menggunakan garam. Ia juga mengecek kesehatan di klinik dan terkejut bahwa tidak ada masalah dalam kesehatannya.

"Minggu lalu saya memeriksa tekanan darah saya di klinik dan terkejut bahwa itu dalam kisaran normal yang rendah," ujarnya seperti yang dikutip dari World of Buzz (25/07).

Baca Juga: Hindari 5 Makanan Ini Agar Gairah Seksual Tetap Kuat

Manfaat menggunakan micinManfaat menggunakan micin bisa mengurangi asupan natrium Foto: iStock

Rupanya tak sedikit netizen yang sudah memahami bahwa MSG dapat menyebabkan bodoh adalah mitos. Justru, menambahkan MSG ke makanan bisa mengurangi asupan natrium.

"Sebenarnya itu berfungsi sebagai pengganti garam. Kurangi asupan garam," tulis netizen lainnya.

Bahkan keamanan menggunakan MSG pada makanan sudah diakui oleh badan kesehatan dunia World World Health Organization (WHO) dan Food and Drug Administration (FDA).

Bukan hanya itu, Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI pun mengakui hal demikian. Kandungan natrium pada MSD hanya 12% dibandingkan garam yang mencapai 36% sehingga bisa menyebabkan hipertensi.

Baca Juga: 9 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Elektrolit Agar Tubuh Tak Lemas



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT