ADVERTISEMENT

50 Resep & Tip Olahan Daging Kurban

5 Tips Makan Daging Agar Kolesterol Darah Tak Melonjak

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 11 Jul 2022 13:00 WIB
Olahan daging kurban
Foto: iStock/detikvisual

3. Tambahkan Sayuran

Tips sehat makan daging idul adhaKonsumsi daging bisa diimbangi dengan sayuran dan buah-buahan berserat. Foto: Getty Images

Konsumsi daging dalam jumlah banyak bukan hanya berdampak pada kolesterol tinggi, tetapi juga bisa berdampak pada usus dan pencernaan.

Karena itu konsumsi daging juga perlu diimbangi dengan asupan sayuran dan buah-buahan. Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Food Science menunjukkan bahwa dampak konsumsi daging merah pada kesehatan usus bisa dikurangi jika diimbangi dengan makan makanan berserat.

Ilmuwan Chrissie Butts mengatakan bahwa sebagian besar protein akan dicerna dan diserap oleh usus kecil. Namun beberapa protein yang sulit dicerna (seperti daging), akan menghasilkan senyawa yang berpotensi beracun.

Ketika daging diolah menjadi tongseng atau sop, kamu bisa menambahkan tomat. Tomat memiliki kandungan vitamin B dan kalium yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Jika mengolah daging menjadi sate, bisa ditambah dengan acar mentimun. Acar mentimun bukan hanya akan menambah cita rasa, namun dapat sekaligus meluruhkan lemak jahat pada saluran pencernaan.

Buah-buahan juga tak kalah penting, Setelah atau sebelum makan daging, pastikan tubuh mendapat asupan serat dari buah. Beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi seperti alpukat, apel, dan jeruk.

Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat dapat berfungsi sebagai antioksidan yang akan menjaga kerusakan pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol jahat.

Sementara apel juga mengandung zat beta-glucan yang mampu mengontrol produksi kolesterol dalam darah.

Baca Juga : Jika Dikonsumsi Rutin, 5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol

4. Membatasi Porsi

Meskipun daging sapi dan daging kambing bisa menjadi sumber protein, mineral, dan sejumlah vitamin bagi tubuh, namun nutrisi tersebut akan sia-sia jika kita mengonsumsinya secara berlebihan.

Untuk itu, sebaiknya porsi makan dibatasi. Setiap kali makan, pastikan untuk mengonsumsi secukupnya atau bisa diukur dengan porsi sedang.

5. Konsumsi Teh Hijau atau Teh Hitam

Tips sehat makan daging idul adhaCara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghindari kolesterol jahat setelah makan daging yaitu dengan mengonsumsi teh hijau atau teh hitam. Foto: Getty Images

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghindari kolesterol jahat setelah makan daging yaitu dengan mengonsumsi teh.

Beberapa jenis teh yang kaya akan antioksidan bisa menurunkan kolesterol jahat. Namun teh hijau dan teh hitam merupakan jenis teh antioksidan yang telah menunjukkan hasil terbaik.

Dilansir dari aarp.org (09/07), kandungan katekin yaitu sejenis antioksidan yang terdapat di teh hijau maupun teh hitam mampu bertanggung jawab atas penurunan kolesterol.

Setelah makan daging seharian, di waktu malam kamu bisa menyeduh secangkir jenis teh ini untuk membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga : Rutin Minum Teh Hijau Terbukti Ampuh Turunkan Kolesterol



Simak Video "Jajal Kuliner ala Timur Tengah, Rempahnya Nendang!"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT