ADVERTISEMENT

Apa Kulit Wortel Perlu Dikupas Sebelum Dimasak? Ini Kata Pakar

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 08 Jul 2022 08:00 WIB
Apakah wortel boleh dikupas
Foto: Getty Images
Jakarta -

Wortel menjadi sayuran kaya akan nutrisi. Tapi sebelum dimasak, sebagian orang mengupas kulitnya dahulu. Sebenarnya perlukah hal ini dilakukan? Ini penjelasannya.

Wortel mengandung berbagai macam vitamin terutama vitamin A dalam bentuk beta karoten yang baik untuk kesehatan mata. Banyak orang memilih untuk mengonsumsi sayuran ini karena manfaatnya dan juga rasanya yang enak.

Wortel juga mudah diolah menjadi berbagai macam masakan. Biasanya wortel yang dijual di pasaran masih memiliki kulit yang agak kasar atau belum dikupas.

Sebelum mengolah wortel menjadi sebuah hidangan, biasanya sebagian besar orang akan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Namun tak sedikit juga dari mereka yang langsung memasaknya.

Mungkin masalah pengupasan kulit wortel ini cukup membingungkan. Lantas bagaimana yang ideal? Ini penjelasannya seperti dirangkum dari bhg.com (28/10/2021).

1. Perlukah Mengupas Wortel?

Apakah wortel boleh dikupasTernyata menurut Alan Hilowitz dari perusahaan pertanian Bolthouse Farms, wortel juga dapat dinikmati dengan kulitnya. Namun perlu dicuci terlebih dahulu. Foto: Getty Images

Wortel bisa dibeli dalam keadaan sudah dikupas atau belum. Namun ketika menemukan wortel yang memiliki tekstur kulit kasar, biasanya orang akan mengupasnya terlebih dahulu untuk menghilangkan sisi yang keras tersebut.

Namun ternyata menurut Alan Hilowitz dari perusahaan pertanian Bolthouse Farms, wortel juga dapat dinikmati dengan kulitnya. Tetapi karena wortel tumbuh di dalam tanah, maka penting untuk mencuci bersih wortel sebelum dimasak jika kamu ingin mengonsumsi bersama kulitnya.

Pencucian ini ditujukkan untuk mengurangi risiko penyakit bahaya yang disebabkan oleh pestisida atau bakteri dan bahan berbahaya lain yang menempel di kulit wortel.

2. Alasan Mengapa Wortel Perlu Dikupas

Meskipun wortel bisa dinikmati tanpa harus mengupas kulit bagian luarnya, namun beberapa orang tetap memilih untuk mengupasnya. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kulit wortel sebaiknya dikupas dahulu.

Hilowitz mengungkap bahwa kulit wortel memiliki tekstur yang sedikit berbeda. Tekstur ini mungkin ini akan menonjol dan mengubah rasa ketika dimasak menggunakan resep asli sebuah hidangan.

Tetapi hal ini pun tergantung dari jenis wortel itu sendiri. Beberapa varietas memiliki kulit yang lebih keras atau lebih pahit dari yang lainnya.

Jika memang malas untuk mengupasnya, menggosok bersih wortel juga sudah cukup. Tetapi balik lagi tergantung dari makanan apa yang akan dimasak. Jika makanan seperti bubur bayi, maka akan lebih baik untuk mengupasnya.



Simak Video "Resep Jus Wortel hingga Ceker Mercon Paling Dicari Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT