ADVERTISEMENT

Lelah Usai Bangun Tidur? Kamu Perlu Konsumsi 5 Makanan Kaya Vitamin B12 Ini

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 27 Mei 2022 05:00 WIB
Makanan Sumber B12
Foto: iStock
Jakarta -

Bangun tidur harusnya tubuh terasa segar. Tetapi jika tubuh terasa lelah, berarti kamu memerlukan asupan makanan kaya vitamin B12 ini

Setelah beristirahat selama 7-8 jam, tubuh umumnya akan terasa lebih segar dan nyaman. Tetapi seringkali orang mengeluh tubuhnya terasa capek dan lelah meskipun baru bangun tidur. Hal ini menandakan tubuhnya kekurangan asupan vitamin B12.

Meskipun jarang ada yang menyebutkan manfaat dari vitamin B12, padahal vitamin ini sangat penting, sering disebut cobalamin yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan agar tubuh dapat mengatur metabolisme dengan baik dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika tubuh mendapatkan cukup nutrisi penting ini, maka tubuh terasa bugar dan segar. Karenanya asupan vitamin B12 harus cukup setiap hari. Berikut 5 makanan yang kaya akan vitamin B12.

1. Yogurt

Makanan hasil fermentasi susu ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya menjadi sumber vitamin B12 yang baik, karena dapat membantu penyerapan zat dan gizi dalam tubuh secara lebih baik.

Makanan Sumber B12Makanan hasil fermentasi susu ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya menjadi sumber vitamin B12 yang baik. Foto: iStock


Dilansir dari timesofindia (23/05), penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi yogurt juga dapat membantu meningkatkan kadar vitamin B12 sekaligus meningkatkan kesehatan usus. Dianjurkan mengomsumsi yogurt tawar tanpa tambahan pemanis buatan

2. Salmon

Makanan Sumber B12Ikan salmon dijuluki sebagai King of Fish karena kandungan lemak sehatnya. Protein ini juga mengandung vitamin B12 ang baik untuk kesehatan jantung tulang, otak, serta sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Foto: iStock

Ikan salmon dijuluki sebagai King of Fish karena kandungan lemak sehatnya. Secara alami selain mengandung protein ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega 3.

Selain itu salmon juga mengandung vitamin B12 yang baik untuk kesehatan jantung tulang, otak, serta sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

3. Telur

Telur dikenal sebagai bahan makanan yang komplit nutrisinya. Karenanya sangat baik untuk dikonsumsi dalam kondisi apapun.

Telur tidak hanya kaya akan protein atau asam amino tetapi juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik terutama kuning telurnya. Untuk meningkatkan kadar vitamin B12, makanlah telur secara utuh, putih dan kuningnya.



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT