ADVERTISEMENT

7 Minyak Goreng Sehat untuk Masak, Termasuk Minyak Zaitun dan Minyak Wijen!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 20 Mar 2022 08:00 WIB
Netizen mendaur ulang minyak goreng bekas menjadi sabun cuci
Foto: iStock
Jakarta -

Minyak goreng ada banyak jenisnya. Selain dari kelapa sawit yang umum ditemui, ada jenis minyak goreng lain. Beberapa bahkan tergolong minyak goreng sehat. Ini dia daftarnya.

Di tengah polemik minyak goreng mahal, kamu perlu tahu informasi soal jenis minyak goreng selain yang berbahan kelapa sawit. Minyak ini memiliki fungsi sama yaitu menggoreng, meski ada kelebihan dan kekurangannya.

Hal ini terkait titik asap minyak goreng, profil rasa, aroma, hingga nutrisinya. Lalu mana yang tergolong minyak goreng sehat? Apa saja kandungannya dan seperti apa penggunaan terbaiknya?

Merangkum berbagai sumber, ini daftar 7 minyak goreng sehat untuk masak:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun identik sebagai 'dressing' untuk salad atau diminum langsung, namun sebenarnya ada jenis minyak zaitun yang cocok untuk menumis dan menggoreng makanan. Jenis minyak ini memang lebih mahal, namun kualitas dan manfaat sehatnya tak perlu diragukan.

Minyak zaitun khusus menggoreng stabil di suhu tinggi dengan titik asap mencapai 176°C. Artinya, komponen nutrisi pada minyak zaitun lebih lama untuk rusak karena proses pemanasan. Minyak zaitun juga tinggi kandungan antioksidan dan vitamin E.

2. Minyak canola

Mengutip Everyday Health, minyak canola juga tergolong minyak goreng sehat karena hanya mengandung 7 persen lemak jenuh. Seperti minyak zaitun, minyak canola tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tergolong lemak sehat.

Dari segi fungsi untuk masak, minyak canola memiliki titik asap lebih tinggi dari minyak zaitun yaitu 204°C. Rasanya juga netral sehingga minyak ini tidak akan 'merusak' rasa makanan yang digoreng.

3. Minyak alpukat

minyak alpukatPunya titik asap yang tinggi, minyak alpukat ideal untuk menggoreng. Foto: iStock

Jenis minyak goreng sehat selanjutnya adalah minyak alpukat. Healthline mengungkap minyak ini punya titik asap hingga 271°C sehingga sangat ideal untuk 'deep frying'.

Nutrisi utama minyak alpukat adalah tinggi kandungan asam oleat, lemak yang sehat untuk jantung. Minyak ini banyak disukai pelaku hidup sehat karena rasanya juga tergolong netral.

4. Minyak wijen

Minyak wijen identik sebagai pemberi rasa gurih nutty (kacang) pada makanan khas Asia. Jenis ini bernama 'toasted sesame oil' yang dipakai sebagai 'finishing' ketika masak.

Selain 'toasted sesame oil', sebenarnya ada jenis minyak wijen yang cocok untuk menggoreng. Minyak wijen ini memiliki titik asap tinggi yaitu 210°C. Rasanya juga tetap ada gurih khas kacangnya, namun lebih lembut. Minyak wijen ini kaya kandungan antioksidan yang sehatkan jantung.

Daftar minyak goreng sehat lain ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT