Dear Bapak-bapak! Waspadai 8 Makanan yang Bisa Turunkan Hormon Testosteron

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 27 Feb 2022 06:00 WIB
Makanan yang menurunkan kadar testosteron
Foto: iStock
Jakarta -

Lemahnya kadar hormon testosteron bisa menurunkan gairah seksual. Karenanya hindari beberapa makanan ini agar tetap greng saat berhubungan intim.

Hormon testosteron sering disebut sebagai hormon pria. Hormon ini sangat mempengaruhi beberapa faktor, termasuk pada pembentukan massa otot, ketahanan energi, hingga libido atau gairah seksual.

Hormon testosteron ini juga bisa ditemukan pada wanita. Jika hormon ini menurunkan maka gaira seksual juga ikut menurun. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh pola makan.

Sebab ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa berakibat buruk pada kadar testosteron. Karenanya harus dihindari, terutama sebelum berhubungan badan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 8 makanan dan minuman penyebab turunnya kadar testosteron:

1. Almond

Makanan yang menurunkan kadar testosteronAlmond dapat menurunkan kadar testosteron Foto: iStock

Kacang memang merupakan sumber nutrisi seperti serat, lemak sehat, mineral dan magnesium. Nutrisi pada kacang ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti jantung.

Namun, ada beberapa jenis kacang yang justru dapat menurunkan kadar testosteron. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa walnut dan almond dapat meningkatkan kadar globulin pengikat hormon seksual.

Bahkan masing-masing mencapai 12,5% dan 16%. Selain itu, dua jenis kacang itu juga tinggi asam lemak tak jenuh ganda yang telah dikaitkan dengan penurunan kadar testosteron.

Baca Juga: Hindari 5 Minuman Ini Agar Gairah Seksual Tak Menurun

2. Alkohol

Membatasi konsumsi alkohol penting untuk kesehatan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa terlalu banyak minum minuman alkohol dapat menyebabkan kadar testosteron menurun, terutama pada pria.

Namun sebaliknya, jika wanita yang mengonsumsi alkohol terlalu banyak justru bisa mengalami kenaikan kadar testosteron. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

3. Produk Kedelai

Makanan yang menurunkan kadar testosteronKedelai dapat menurunkan kadar testosteron Foto: iStock

Produk makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai juga bisa menurunkan kadar testosteron. Misalnya tahu, tempe dan susu kedelai. Produk kedelai itu mengandung fitoestrogen.

Senyawa tersebut memiliki bentuk dan fungsi yang mirip dengan estrogen di dalam tubuh. Pengaruh penurunan kadar testosteron saat makan produk kedelai ini dibuktikan oleh sebuah riset jurnal German Medical Science.

Para peneliti juga menduga bahwa kandungan fitoestrogen dalam kedelai juga jadi penyebab gejala penurunan testosteron. Namun, peneliti mengatakan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Khasiat Kopi untuk Optimalkan Hubungan Seksual