5 Fast Food Terburuk yang Bisa Memicu Tekanan Darah Tinggi

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 10 Feb 2022 08:00 WIB
Fast food penyebab tekanan darah tinggi
Foto: iStock
Jakarta -

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit paling banyak diidap orang di Indonesia. Penyakit tersebut bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk, terlalu sering makan fast food.

Tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Umumnya hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90.

Jika tekanan darah di atas 180/120 sudah dianggap berbahaya. Menurut data klaim BPJS, tekanan darah atau hipertensi ini merupakan salah satu penyakit yang banyak diidap di Indonesia.

Penyakit ini sering kali tidak menunjukkan gejala, tetapi kalau terus dibiarkan bisa berimbas pada penyakit lain. Dikutip dari Healthline, tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena terlalu sering konsumsi fast food.

Berikut 5 fast food yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi jika sering dikonsumsi:

1. Keripik Kentang

Fast food penyebab tekanan darah tinggiKeripik kentang tinggi akan kandungan natrium yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi Foto: iStock

Asupan natrium yang tinggi sering dikaitkan dengan risiko terkena tekanan darah tinggi. Dan keripik kentang merupakan salah satu makanan dengan kandungan natrium yang tinggi.

Seperti yang telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut menemukan adanya hubungan antara makan keripik kentang dan meningkatkan penyakit jantung.

Baca Juga: Penelitian Ungkap 1 Sendok Teh Rempah Ampuh Turunkan Resiko Stroke

2. Pizza

Fast food penyebab tekanan darah tinggiPizza mengandung natrium dan lemak jenuh dalam jumlah yang tinggi Foto: iStock

Makanan khas Italia ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara berlebih. Pizza tidak hanya tinggi akan kandungan natriumnya, tetapi juga lemak jenuh.

Lemak jenuh tersebut akan berperan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol itu akan melekat pada dinding pembuluh darah yang nantinya akan membuat pembuluh darah tersumbat.

3. Kentang Goreng

Kentang goreng mungkin enak buat ngemil, tetapi itu adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi berlebih karena bisa berdampak buruh. Salah satunya dapat meningkatkan tekanan darah.

Kentang goreng mengandung lemak dan garam yang dapat menyebabkan lemak di perut. Para peneliti di Harvard Medical School menemukan bahwa orang yang makan empat atau lebih porsi kentang goreng dalam seminggu memiliki risiko 17% lebih tinggi mengalami tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 7 Pola Makan Sehat untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi

4. Minuman Soda

Fast food penyebab tekanan darah tinggiMinuman soda tinggi akan gula yang berbahaya untuk tubuh Foto: iStock

Bukan rahasia lagi bahwa minuman soda tidak baik untuk kesehatan. Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang sering minum minuman soda atau minuman manis memiliki risiko tekanan darah lebih tinggi.

Jika kebiasaan buruk itu masih diteruskan maka bisa berimbas pada penyakit kardiovaskular, diabetes dan penyakit kronis lainnya.

5. Donat

Fast food penyebab tekanan darah tinggiFast food penyebab tekanan darah tinggi Foto: iStock

Di balik rasanya yang lezat, donat mengandung kalori dalam jumlah yang tinggi. Jika terlalu banyak makan donat juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, donat mengandung gula tambahan yang tidak baik untuk kesehatan jantung. Pengonsumsian gula tambahan juga sering dikaitkan dengan faktor kesehatan kardiovaskular yang merugikan seperti tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Konsumsi Yoghurt Terbukti Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Sebabnya



Simak Video "33 Gerai KFC di Bandara dan Stasiun Tutup Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)