Ini Perbandingan Nutrisi Daging Sapi, Ayam, dan Babi

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 06 Feb 2022 15:00 WIB
Perbandingan nutrisi pada daging
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang yang menghindari makan daging dengan alasan kesehatan. Padahal daging mengandung sejumlah nutrisi baik, mulai dari daging sapi, ayam dan babi.

Sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, termasuk juga dalam mengonsumsi makanan. Pemahaman ini selalu dikaitkan dengan mengonsumsi daging.

Ramai orang mengubah pola makan dengan tidak mengonsumsi daging karena alasan kesehatan. Faktanya, menurut Ahli Fisiologi Olahraga Jim White daging mengandung banyak nutritisi penting.

Dengan tidak mengonsumsi daging, maka akan membuat tubuh kekurangan sejumlah nutrisi. Setiap jenis daging memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Mulai dari daging sapi, ayam dan babi.

Dikutip dari Healhtline, berikut perbandingan nutrisi pada daging sapi, ayam dan babi:

1. Daging Sapi

Perbandingan nutrisi pada dagingPerbandingan nutrisi pada daging sapi Foto: iStock

Daging sapi merupakan jenis daging merah. Jim White mengatakan bahwa daging sapi kaya akan protein yang memiliki kandungan asam amino esensial untuk menunjang aktivitas fisik.

Dikutip dari USDA dalam 100 gram daging sapi mengandung vitamin C, 2,6 mg zat besi, 0,4 mg vitamin B6, 21 mg magnesium, 18 mg kalium, da. 7 IU vitamin D.

Selain itu, kandungan lemaknya sejumlah 15 g, 6 g lemak jenuh, 1,1 lemak trans, 250 kcal kalori dan protein 26 g. Namun, jumlah batas konsumsi daging sapi berbeda-beda setiap orang tergantung berat badan.

White mengatakan rumusnya adalah 0,8 gram daging per kilogram berat badan. Misalnya untuk berat badan 72 kg adalah 60 g. Jika berat badan 63 kg maka bisa makan daging sebanyak 50 g dalam sehari.

Baca Juga: Rendam Kepala Babi dalam Soda, Food Vlogger ini Coba Keluarkan Cacing

2. Daging Ayam

Perbandingan nutrisi pada dagingPerbandingan nutrisi pada daging ayam Foto: iStock

Berbeda dengan daging sapi, daging ayam merupakan jenis daging putih. White mengatakan bahwa daging ayam tinggi akan protein dan kandungan lemaknya sangat sedikit dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

Dalam 100 g daging ayam mengandung 230 kcal kalori, lemak 14 g, lemak jenuh 3,8 g, kolesterol 88 mg, kalium 223 mg, protein 27 g, zat besi 1,3 g dan vitamin B6 0,4 mg.

Juga terdapat kandungan magnesium 23 mg dan kalsium 15 g. White menyarankan untuk mengkonsumsi daging ayam bagian dada jika menginginkan jumlah protein yang tinggi dan kadar lemak yang sangat rendah.

Baca Juga: ni 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Makan Daging Babi

3. Daging Babi

Perbandingan nutrisi pada dagingPerbandingan nutrisi pada daging babi Foto: iStock

Kerap disebut sebagai hewan kotor, ternyata daging babi menduduki peringkat 8 sebagai makanan paling bernutrisi di dunia. Jenis daging ini memiliki kandungan protein dan mineral yang sangat tinggi.

Dalam 100 gram daging babi mengandung 242 kcal kalori, lemak 14 g, lemak jenuh 5 g, kolesterol 80 mg, kalium 423 mg, protein 27 g, vitamin C 0,6 mg dan vitamin B6 0,5 mg.

Juga ada kandungan magnesium 28 mg dan kalsium 19 mg. Sebuah penelitian menemukan bahwa zat lemak pada daging babi sulit dicerna dibandingkan daging sapi dan daging kambing. Ini membuktikan bahwa daging babi mengandung asam lemak Omega-3 yang tinggi.

Baca Juga: Ngeri! Selebgram Ini Bagikan Pengalaman Makan Cilok Daging Tikus



Simak Video "Resep Oseng Mercon Daging Sapi yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)