7 Minuman Enak Ini Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Diah Afrilian - detikFood Senin, 24 Jan 2022 05:00 WIB
Diagnosis diabetes  and pills. Foto: iStock
Jakarta -

Sensitif terhadap gula membuat penderita diabetes memiliki aturan makan yang ketat. Tetapi tujuh minuman enak ini ternyata masih diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Diabetes atau dikenal penyakit gula merupakan kondisi dimana tubuh tidak mampu mencerna gula secara efektif. Jika secara normal gula darah harusnya dipecah oleh insulin yang dihasilkan dari pankreas, pada pankreas penderita diabetes tidak mampu memproduksi insulin yang dibutuhkan.

Hal tersebut yang membuat penderita diabetes sangat sensitif terhadap makanan dan minuman yang mengandung gula. Maka penderita diabetes harus sangat mewaspadai kandungan gula dalam makanan dan minuman yang tersembunyi.

Terlebih ketika masih menggemari minuman-minuman kemasan maupun minuman lain yang menyegarkan. Tetapi ahli gizi dan kesehatan memperbolehkan beberapa minuman tertentu yang dikatakan masih aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Baca juga: 5 Tips Diet DJ Katty Butterfly yang Berhasil Turun BB 30 Kg

Berikut ini 7 minuman enak yang diperbolehkan bagi penderita diabetes menurut Healthline:

Ilustrasi TehMengandung banyak komponen aktif, teh diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Syarat utamanya adalah dengan tidak menambahkan pemanis atau gula apapun ke dalamnya. Foto: shutterstock

1. Teh

Memiliki komponen aktif yang banyak di dalamnya, teh justru dikenal oleh ahli kesehatan sebagai minuman sehat yang boleh dikonsumsi secara rutin. Menurut sebuah penelitian besar di tahun 2021 lalu lebih dari setengah juta partisipan yang terlibat mengalami penurunan risiko terhadap diabetes tipe 2.

Untuk mereka yang sudah memiliki keluhan diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsi teh dengan tambahan pemanis maupun gula lainnya. Baik itu teh hijau, teh hitam hingga teh oolong. Solusi untuk menambahkan rasa bisa dengan irisan buah lemon. Tetapi ahli merasa masih butuh penelitian lebih lanjut termasuk untuk melihat efek jangka panjangnya.

2. Kopi Tanpa Pemanis

Konsumsi kopi diketahui mampu membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Konsumsi kopi secara rutin mampu meningkatkan metabolisme gula dan telah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan tahun 2019 silam.

Sama halnya dengan teh. Manfaat tersebut berlaku hanya jika mengonsumsinya tanpa pemanis atau gula tambahan lainnya yang dicampurkan. Susu gula, krim dan berbagai bahan tambahan lain sangat tidak disarankan untuk ditambahkan ke dalam secangkir kopi bagi penderita diabetes.

Baca juga: Kocak! 7 Chat Ojol dengan Pelanggan Ini Sukses Bikin Ngakak

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com