4 Minuman Enak Ini Bantu Bersihkan Hati Secara Alami

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 22 Jan 2022 05:00 WIB
6 Makanan untuk Mencegah Penyakit Liver, Salah Satunya Kopi!
Foto: Getty Images/iStockphoto/bingokid

3. Teh Kunyit

Kunyit memang dikenal sebagai rempah super kaya manfaat. Fakta kunyit sebagai rempah terbaik untuk mencegah penyakit hingga pengobatan bukan lagi menjadi rahasia medis tetapi sudah diketahui secara luas oleh khalayak umum.

Ahli gizi, Rupalli Data juga mengatakan bahwa kunyit mengandung antioksidan yang membantu proses detoksifikasi dengan meningkatkan enzim-enzim yang diperlukan. Banyak ahli kesehatan yang juga merekomendasikan untuk menambahkan kunyit ke dalam kudapan yang disantap setiap hari dalam batasan yang wajar.

Selain membantu proses detoksifikasi, kunyit juga mampu membantu memperlancar sirkulasi darah. Efek jangka panjangnya ketika sirkulasi darah lancar maka kesehatan dan kebersihan hati atau liver semakin baik kondisinya.

alasan untuk rutin minum jus buah bitBisa diolah jadi banyak jenis hidangan dan minuman, buah bit juga dipercaya mampu menjaga kesehatan hati dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Foto: Getty Images

4. Jus Buah Bit

Buah bit dikenal sebagai salah satu sayuran yang memang memiliki manfaat kesehatan yang begitu kaya. Buah tinggi antioksidan ini juga sangat disarankan untuk ditambahkan dalam pola makan secara rutin oleh ahli gizi.

Nutrisi yang terkandung dalam buah bit antara lain folat, pectin, betalain dan betaine. Walaupun tidak dalam kandungan yang sama banyaknya tetapi buah bit juga mengandung serat, mangan, potassium, vitamin A hingga vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

"Kandungan nutrisi-nutrisi ini mampu membantu meningkatkan fungsi empedu yang mana juga berfungsi untuk membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dan membuangnya keluar," kata Rupalli.

Baca juga: Habis Belanja di ITC Kuningan Bisa Cicip Nasi Babi dan Makanan Makassar


(dfl/adr)