Mual Setelah Ngopi? Ini 3 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 18 Jan 2022 07:00 WIB
Mual Setelah Ngopi? Ini 3 Penyebab dan Cara Mengatasinya Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Minum kopi memang bisa menambah energi dan fokus, namun tak sedikit orang yang merasakan efek mual usai minum kopi. Berikut tiga alasan mual setelah minum kopi dan cara mengatasinya.

Banyak orang tak bisa memulai hari tanpa 'suntikan' semangat dari kopi, namun tak sedikit juga yang sensitif terhadap kandungan kopi. Mereka biasanya merasakan efek samping usai minum kopi, seperti jantung berdebar, mulas, dan mual.

Bagi kamu yang sering merasa mual usai minum kopi, ternyata ada tiga kemungkinan penyebabnya. Hal ini terkait kondisi kesehatanmu dan caramu menikmati kopi.

Melansir Livestrong (11/1/2022), inilah 3 alasan mual setelah minum kopi:

1. Asam lambung naik

Asam lambung jadi 'musuh' bagi sebagian besar peminum kopi. Banyak dari mereka yang alami kondisi asam lambung naik usai menenggak minuman berkafein ini. Kemudian salah satu dampak yang ditimbulkan adalah mual.

Mengapa hal ini terjadi? Kebanyakan kopi memiliki derajat keasaman (pH) dari 4.85 hingga 5.10, yang berarti kopi termasuk minuman asam, menurut sebuah penelitian yang dimuat tahun 2018 di Scientific Reports. Lalu perut manusia sendiri sebenarnya memiliki lingkungan yang asam.

Ketika kamu minum kopi, maka kadar keasaman di perut otomatis meningkat sehingga menimbulkan rasa tak nyaman di perut. Kehadiran asam ini bisa mempercepat pencernaan makanan di perut yang memicu beberapa orang langsung ingin ke toilet usai minum kopi.

Adanya asam berlebih juga bisa menimbulkan gejala mual. "Bagi mereka yang memiliki refluks asam, minum kopi sebenarnya bisa membuat Anda mual," kata ahli gizi, Marie Spano. Karena hal ini, mereka yang mengalami refluks asam kronis alias GERD mungkin lebih rentan terhadap mual setelah minum kopi.

2. Minum kopi dalam kondisi perut kosong

Mual Setelah Ngopi? Ini 3 Penyebab dan Cara MengatasinyaMinum kopi dalam kondisi perut kosong juga bisa sebabkan mual karena kondisi asam yang berlebih dalam perut Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

Banyak orang langsung minum kopi setelah bangun tidur, bahkan sebelum sarapan. Hal ini jadi pemicu utama mual setelah minum kopi. Pada kasus lebih parah, seseorang bisa jadi muntah usai minum kopi dalam keadaan perut kosong.

"Kopi bersifat sangat asam ketika masuk ke perut kosong sehingga bisa mengiritasi lapisan perut Anda dan dapat menyebabkan mual pada beberapa orang," kata ahli gizi Mehak Naeem. Keasaman kopi bukan satu-satunya hal yang bisa disalahkan, melainkan juga kafein dalam kopi.

Menurut sebuah studi di Prosiding National Academy of Sciences Amerika Serikat pada juli 2017, kafein merangsang sekresi asam lambung yaitu cairan pencernaan yang membantu memecah makanan.

"Kafein merangsang pelepasan gastrin yang menyebabkan perut tertekan saat diproduksi dalam jumlah berlebihan. Ini juga membuat Anda merasa mual. Jadi sebelum minum kopi, konsumsilah beberapa makanan," kata Naeem.

3. Berada dalam pengobatan

Mual merupakan efek samping yang umum dari beberapa obat dan interaksinya dengan kafein dalam kopi. Ini dapat mencakup obat antibakteri (seperti Cipro), beberapa antidepresan (seperti MAOI), dan obat asma (seperti albuterol dan teofilin).

"Mual adalah salah satu dari banyak kemungkinan efek samping akibat interaksi obat-kafein," kata ahli gizi dan ahli herbal klinis, Jenna Volpe. "Orang-orang harus selalu memastikan memeriksa label (obat) dengan hati-hati saat mengambil obat apa pun untuk menghindari interaksi obat-makanan," sambungnya.

Baca halaman selanjutnya untuk tahu cara mengatasi mual setelah ngopi.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com