5 Pola Makan Ini Ampuh Tingkatkan Imunitas dengan Cepat

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 15 Jan 2022 05:00 WIB
Khasiat Teh Hijau, Menangkal Virus Corona Hingga Sehatkan Jantung Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Jalani lima pola makan ini secara rutin agar imunitas tetap kuat dan kesehatan terjaga.

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, baru-baru ini World Health Organization (WHO) bahkan mengumumkan adanya mutasi virus baru. Virus tersebut dikenal bernama Omicron.

Penularan varian baru ini perlu diwaspadai karena tak kalah berbahaya. Untuk mencegah penularannya, menjaga imunitas tubuh adalah hal utama.

Menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi menjadi hal paling disarankan oleh pakar kesehatan. Ada beberapa pola makan yang bahkan disarankan untuk dijalankan rutin.

Menurut ahli gizi dan ahli kesehatan setidaknya ada asupan nutrisi tertentu yang harus selalu dipenuhi untuk menjaga imunitas. Mulai dari konsumsi makanan sumber antioksidan hingga menjaga hidrasi.

Baca juga: 5 Pola Makan Ini Perlu Dihindari Agar Tak Alami Nyeri Sendi

Berikut 5 pola makan yang diklaim bisa tingkatkan imunitas dengan cepat menurut Eat This, Not That (12/1):

Makanan dan Minuman Kaya Antioksidan untuk Bantu Turunkan Berat BadanAnggur termasuk buah berry yang direkomendasikan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Konsumsi anggur secara rutin mampu membantu tingkatkan imunitas. Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Tingkatkan Asupan Antioksidan

Salah satu kandungan utama untuk menguatkan imunitas adalah antioksidan. Antioksidan secara alami terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran seperti buah yang asam, delima dan buah berry.

"Antioksidan adalah nutrisi yang menangkal radikal bebas dalam tubuh dan menghindarkan radikal bebas agar tidak menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh," kata Amy Goodson selaku ahli gizi atlet.

2. Minum Teh Hijau

Konsumsi teh hijau memiliki beragam manfaat, termasuk mencegah gangguan kesehatan hingga penyakit kronis. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kekuatan imunitas tubuh.

"Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan senyawa nabati yang mampu membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel," kata Goodson.

Baca juga: Kehabisan Nasi, Pria Ini Makan Pecel Lele Pakai Mashed Potato!

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com