5 Makanan Ini Sangat Baik Dikonsumsi Saat Sakit Perut

Devi Setya - detikFood Jumat, 14 Jan 2022 07:00 WIB
5 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn
Jakarta -

Ketika mengalami sakit perut tentu rasanya tidak nyaman. Selain minum obat, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit perut yang menyerang.

Sakit perut bisa terjadi karena beberapa alasan. Rasa sakit yang berpusat pada bagian perut ini biasa terjadi ketika makan tidak teratur, mengalami peradangan pada lambung atau infeksi bakteri yang disebabkan makanan. Gejala sakit perut pun beragam seperti perut kembung, nyeri pada bagian perut hingga merasa mual berlebih.

Cara untuk mengatasinya berbeda tergantung keluhannya. Namun ada beberapa makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi saat saki perut. Selain sebagai pereda sakit, makanan dan minuman ini juga memberi rasa nyaman pada perut.

Dilansir dari Health (13/1) berikut beberapa makanan yang direkomendasikan untuk meredakan sakit perut:

1. Pisang


Pisang sering disarankan untuk dikonsumsi ketika sakit perut, terutama bagi penderita maag. Buah berdaging lembut ini memiliki kandungan asam yang rendah sehingga membantu menurunkan kadar asam lambung. Robynne Chutkan, MD, asisten profesor di divisi gastroenterologi di Georgetown University Hospital di Washington, DC mengatakan pisang mengandung potasium yang dibutuhkan ketika mengalami dehidrasi akibat muntah.

Pisang juga mengandung gula sehingga bisa menjadi asupan kalori saat kamu tak bisa mengasup banyak makanan. Tekstur pisang yang lembut juga membuat buah ini mudah disantap dan dicerna. Pisang juga tinggi serat yang bekerja untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Asian beautiful women feel menstrual cramps and stomachache after menstruation.Hand holding stomach and belly after taking a medication.Problem and disorder of female body.Ilustrasi wanita sedang sakit perut Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay

2. Roti

Ketika sakit perut menyerang karena telat makan, cobalah mengisi perut dengan roti. Kamu bisa menyantap roti langsung atau mengolahnya menjadi roti panggang. Roti menjadi makanan yang aman dikonsumsi karena tidak menyebabkan refluks asam lambung.

Roti juga cenderung mudah dicerna, tidak seperti makanan berlemak tinggi yang sulit dicerna sehingga membuat perut semakin tak nyaman. Cobalah makan roti tawar tanpa tambahan selai atau mentega hingga kondisi perut tak lagi sakit.

3. Sup

Kaldu adalah makanan yang sangat bagus untuk mengatasi sakit perut. Kuah kaldu sup dapat menghidrasi tubuh sehingga membuat perut merasa lebih nyaman. Sup hangat yang dimasak dengan campuran sayuran juga mudah dicerna oleh tubuh.

"Sup atau kaldu, jika tidak dimasak dengan lemak, sangat mudah dicerna. Ini dapat ditoleransi dengan baik dan tidak membuat mual atau mengalami refluks," kata Dr. Bhan.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com