7 Pola Makan Ini Dijamin Bikin Kulit Sehat dan Glowing

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 28 Des 2021 13:30 WIB
Ilustrasi Wajah Glowing Foto: shutterstock

4. Penuhi Asupan Selenium

Bahan makanan yang mengandung selenium terbukti memiliki komponen antioksidan yang kuat. Selain antioksidan, ada juga kandungan vitamin E dan C yang terkandung di dalamnya sehingga membuat nutrisi-nutrisi tersebut dapat bekerja lebih efektif.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi selenium dapat membantu mencegah kanker kulit, kerusakan akibat sinar matahari, hingga noda kehitaman. Kandungan selenium yang tinggi bisa didapatkan melalui makanan seperti kacang-kacangan, ikan, telur hingga tomat dan brokoli.

5. Konsumsi sumber Vitamin E

Bukan rahasia lagi bahwa vitamin E memiliki efek yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah. Konsumsi vitamin E dengan cukup terbukti mampu melindungi kulit dari beberapa jenis kerusakan.

Misalnya kerusakan oksidatif yang mengganggu sel kulit hingga menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Makanan tinggi vitamin E yang disarankan oleh ahli kecantikan dan ahli nutrisi adalah kacang almond, alpukat, biji bunga matahari hingga minyak jagung.

Seorang wanita sedang minum air putihFoto: Thinkstock

6. Minum Minimal 6 Gelas Air Sehari

Tubuh membutuhkan air putih yang cukup untuk menjaga kenormalan fungsinya. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup ini juga sangat dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembaban dan membuatnya tetap elastis.

Bahkan pada kasus dehidrasi ringan sekalipun kulit akan terlihat sangat kering dan juga kusam. Untuk menjaga kelembaban kulit ini, ahli gizi dan ahli kecantikan sepakat bahwa kebutuhan air putih dalam sehari minimal enam gelas.

7. Konsumsi Lemak Sehat

Lemak tidak jenuh tunggal dan lemak jenuh ganda banyak ditemukan pada makanan seperti buah alpukat, minyak ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Nutrisi ini mengandung asam lemak esensial yang berperan sebagai pelembab alami untuk kulit.

Mencukupi kebutuhan lemak sehat ini bermanfaat menjaga keremajaan, kekenyalan, hingga meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, biasanya lemak sehat juga akan mengandung vitamin E yang juga mampu membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: 5 Tips Mudah Jaga Berat Badan Setelah Berhasil Diet

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com