Ini Daftar 7 Makanan dan Minuman Terbaik yang Bikin Awet Muda

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 27 Des 2021 06:00 WIB
Olive oil and olives on wooden rustic table
Foto: Getty Images/iStockphoto/FabioBalbi
Jakarta -

Tiap makanan dan minuman memiliki kandungan nutrisi berbeda. Bahkan tujuh makanan ini diakui oleh ahli punya gizi terbaik untuk membuat tubuh tetap awet muda.

Makanan dan minuman secara alami memiliki kandungan gizi dan nutrisinya masing-masing. Tiap-tiap gizi dan nutrisi ini memiliki manfaatnya terhadap kesehatan yang berbeda-beda perannya.

Ada yang mampu membantu menguatkan imunitas, menurunkan risiko penyakit kronis tertentu hingga sebagian makanan dan minuman yang diungkapkan ahli dapat membantu menjaga keremajaan tubuh.

Baca juga: 6 Menu Diet untuk Membentuk Otot ala Atlet UFC Conor McGregor

Berikut ini 7 makanan terbaik untuk bikin awet muda menurut Eat This, Not That (25/12):

AlpukatFoto: iStock

1. Alpukat

Menurut British Journal of Sports Medicine konsumsi alpukat dikaitkan dengan pencegahan osteoarthritis atau gangguan jaringan pada tulang rawan. Gejala yang akan dialami oleh penderita osteoarthritis ini berupa nyeri sendi, penurunan fleksibilitas sendi hingga sendi-sendi yang sering terasa kaku.

Kandungan lemak sehat di dalam alpukat ini diakui oleh para peneliti mampu mengatasi nyeri pada penderita osteoarthritis. Walaupun sementara tetapi efek dari konsumsi alpukat ini setidaknya sangat baik untuk meringankan nyeri yang dialami hingga meredakan gejala-gejala osteoarthritis lainnya.

2. Kopi

Jika kamu berpikir mengurangi konsumsi kopi bisa memberikan efek yang lebih sehat, sebaiknya pikirkan ulang keputusan tersebut. Menurut penelitian Anna of Internal Medicine, efek dari konsumsi kopi secara rutin berkaitan dengan penurunan angka kematian selama tiga tahun terakhir.

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan dikatakan aman untuk dikonsumsi secara rutin selama tidak menggunakan pemanis yang terlalu banyak. Konsumsi kopi secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan dan keremajaan kardiovaskular hingga kulit akibat dari kandungan antioksidannya.

3. Strawberry

Dikenal dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi, strawberry menjadi salah satu jenis buah berry yang disarankan untuk rutin dikonsumsi. Tidak hanya strawberry impor tetapi strawberry yang berasal dari petani lokal juga cukup baik untuk menjadi alternatif asupan buah berry.

Strawberry ini dikatakan mampu memperlambat proses penuaan pada tubuh melalui komponen polifenol yang juga dikandung di dalamnya. Menurut penelitian dari Food Chemistry ditemukan adanya manfaat menjaga fungsi mitokondria yang menjadi kunci utama untuk keremajaan kulit dan tubuh.

Baca juga: 5 Tips Mudah Jaga Berat Badan Setelah Berhasil Diet



Simak Video "Ternyata Ini Lho Perbedaan Gelato dengan Es Krim Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]