4 Pola Makan untuk Menjaga Kesehatan Usus dan Tingkatkan Imunitas

ADVERTISEMENT

4 Pola Makan untuk Menjaga Kesehatan Usus dan Tingkatkan Imunitas

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 21 Des 2021 05:00 WIB
woman with colorectal cancer concept on the pink backgorund
Foto: Istock
Jakarta -

Usus menjadi salah satu organ pencernaan yang memiliki pengaruh besar pada tubuh. Menerapkan empat pola makan ini bisa membantu menjaga kesehatan usus sekaligus tingkatkan imunitas.

Usus menjadi tempat tinggal bakteri baik yang sangat bermanfaat untuk pencernaan maupun kesehatan secara menyeluruh. Bakteri baik yang ada di dalam usus harus dijaga dengan pola makan yang sehat dan tepat.

Menjaga kesehatan usus dikatakan oleh ahli sangat erat kaitannya dengan memperkuat imunitas. Maka sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang melalui proses fermentasi, probiotik dan beberapa makanan sehat lainnya.

Ada beberapa pola makan yang setidaknya harus dilakukan rutin jika ingin usus kamu tetap sehat. Empat pola makan kunci ini menjadi yang paling direkomendasikan oleh ahli untuk selalu diterapkan.

Baca juga: 6 Menu Diet untuk Membentuk Otot ala Atlet UFC Conor McGregor

Berikut 4 pola makan untuk menjaga kesehatan usus dan tingkatkan imunitas, menurut Eat This, Not That (17/12):

kacang-kacanganFoto: Istimewa

1. Makan Banyak Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu bahan makanan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin. Laura M. Ali selaku pakar kuliner dan ahli gizi mengatakan bahwa kacang-kacangan juga memiliki peran penting dalam memberikan asupan prebiotik bagi usus.

"Kacang polong, kacang hitam, kacang merah dan lentil merupakan sumber serat yang sangat baik yang mampu bekerja pada saluran gastrointestinal dan membantu pencernaan dengan cara bekerja bersama prebiotik," kata Ali.

Saat tubuh tidak menerima cukup asupan serat, Ali mengungkapkan akan ada gangguan yang terjadi. Mulai dari perut kembung dan sembelit, lebih cepat lapar hingga kondisi perut yang tidak nyaman.

Baca juga: Arya Saloka 'Ikatan Cinta' Punya Bisnis Roti, Bayarnya Bisa Pakai Doa



Simak Video "Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT