Menuai Pro Kontra, Ternyata Ini 7 Manfaat Diet Vegan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 10 Des 2021 05:00 WIB
Vegan healthy balanced diet concept. Vegetarian buddha bowl with blank notebook and measuring tape. hickpeas, broccoli, pepper, tomato, spinach, arugula and avocado in plate on white background. Top view Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV
Jakarta -

Beragam pola diet kian populer seiring meningkatnya kesadaran orang-orang akan hidup lebih sehat. Salah satunya diet vegan yang menuai cukup banyak pro kontra, tetapi punya banyak manfaat.

Diet vegan merupakan salah satu diet yang akhir-akhir ini tengah digemari. Banyak pelaku diet yang menjalani pola diet vegan demi alasan kesehatan maupun rasa kasihan pada hewan.

Sayangnya beberapa pelaku vegan yang tergabung dalam komunitas melakukan perilaku-perilaku yang cukup mengganggu bagi orang lain. Di banyak negara, beberapa komunitas vegan bahkan 'meneror' restoran seperti restoran cepat saji ayam goreng dan beberapa penjual burger. Mereka berpegang teguh pada prinsipnya dan berusaha mempengaruhi orang lain dengan cara yang nyeleneh.

Ternyata di balik kontroversi yang ditimbulkan oleh para pelaku dan komunitasnya, ada manfaat sehat yang bisa didapatkan melalui diet vegan. Tidak mengonsumsi bahan makanan hewani maupun produk turunannya dikatakan mampu memberikan beberapa efek kesehatan untuk tubuh.

Berikut ini 7 manfaat diet vegan menurut The Manual (7/12):

Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat layFoto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sama seperti program diet lainnya, diet vegan banyak dilakoni guna menurunkan berat badan. Diet vegan memastikan kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih rendah dibandingkan kalori yang dikeluarkan.

Diet vegan dinilai lebih efektif untuk menurunkan berat badan karena mampu memberikan rasa kenyang lebih cepat dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Dalam hal ini beberapa asupan makanan yang sangat berpengaruh adalah makanan tinggi serat seperti buah-buahan, biji-bijian hingga konsumsi air mineral yang cukup.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Buah-buahan dan sayuran yang menjadi asupan utama pelaku diet vegan mengandung antioksidan, mineral hingga potasium yang sangat baik. Komponen-komponen tersebut berperan aktif dalam menjaga kestabilan tekanan darah di dalam tubuh.

Penelitian yang telah dilakukan bahkan menunjukkan bahwa pelaku diet vegan cenderung memiliki tekanan darah yang lebih sehat dengan ciri-ciri penurunan baik pada tekanan sistolik dan diastolik. Beberapa penelitian secara gamblang menyebutkan pelaku diet vegan mengalami penurunan risiko hipertensi dibandingkan konsumen daging sebanyak 75%.

Banyak juga: 5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Zomato Tutup Layanan Operasional di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com