5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat

Diah Afrilian - detikFood Senin, 06 Des 2021 05:00 WIB
jenis teh yang cocok dicampurkan gula dan susu Foto: iStock

2. Pakai Pemanis Buatan

Untuk menghindari penambahan gula dalam secangkir teh, seringkali juga banyak yang melakukan 'alternatif' yang salah. Pemanis buatan dengan klaim rendah kalori dan lebih sehat banyak dipilih untuk menggantikan gula pasir yang lebih alami.

Faktanya pemanis buatan bahkan yang diklaim rendah kalori ataupun lebih sehat tidak lebih baik dibandingkan dengan gula alami. Selama bertahun-tahun penelitian yang dilakukan, para ilmuwan melihat adanya kenaikan risiko kesehatan jantung yang dipengaruhi oleh penggunaan pemanis buatan.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan merekomendasi untuk tetap menjaga batas konsumsi pemanis. Tetapi jika memang membutuhkan minuman dengan rasa yang sangat manis sebaiknya tidak memilih pemanis buatan sebagai bahan campurannya.

3. Menambahkan Krim

jenis teh yang cocok dicampurkan gula dan susuFoto: iStock

Krim atau susu menjadi salah satu bahan tambahan yang paling populer ditambahkan ke dalam secangkir teh. Beberapa orang bahkan mengaku ketagihan menambahkan krim atau susu ke dalam teh karena dinilai membuat kekentalan teh menjadi sempurna.

Serupa dengan gula dan pemanis, penambahan susu atau krim ini perlu diperhatikan dna dibatasi konsumsinya. Tak banyak yang menyadari bahwa menambahkan teh atau susu sangat berdampak pada penambahan kalori yang ada di dalam secangkir teh.

Tidak ada peraturan yang melarang dengan ketat penambahan krim atau susu ke dalam teh. Hanya saja para ahli kesehatan menyarankan untuk menggunakan krim atau susu sesuai takaran dan tidak berlebihan agar tidak membuat kalori menumpuk di dalam cangkir teh.

Baca juga: Pasangan Ini Buktikan Makan di Nusr Et Steakhouse Turki Jauh Lebih Murah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com