Meski dari Kelapa, Air Kelapa dan Santan Punya Khasiat Sehat yang Berbeda

Devi Setya - detikFood Jumat, 05 Nov 2021 05:00 WIB
Meski dari Kelapa, Air Kelapa dan Santan Punya Khasiat Sehat yang Berbeda Foto: Getty Images/iStockphoto/juankphoto
Jakarta -

Berasal dari buah yang sama tetapi air kelapa dan santan memiliki kandungan serta manfaat yang berbeda untuk kesehatan. Tetapi air kelapa maupun santan, sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah.

Seringkali orang mengira bahwa santan dan air kelapa adalah dua produk yang sama serta memiliki nutrisi yang sama juga. Pada kenyataannya, dua produk dari buah kelapa ini sangat berbeda baik dari tampilan, rasa dan khasiat kesehatannya.

Dilansir dari Bright Side (4/11) air kelapa adalah cairan bening di dalam buah kelapa. Kamu bisa menikmatinya langsung ketika kelapa baru dibuka. Sementara santan adalah sesuatu yang dihasilkan dari daging kelapa yang diparut kemudian diberi air dan diperas airnya. Santan memiliki warna putih seperti susu.

Santan biasanya ditambahkan sebagai campuran masakan tradisional. Rasanya gurih sedikit manis dan teksturnya kental seperti krim.

Berikut beberapa perbedaan manfaat air kelapa dan santan:

1. Air kelapa menghidrasi tubuh

Air kelapa berguna untuk menghilangkan dahaga, bahkan mampu menghidrasi lebih baik dibandingkan air biasa. Air kelapa secara alami mengandung vitamin C, magnesium, potasium, dan sodium. Dengan kata lain, air kelapa bisa jadi alternatif yang sehat, bergizi, dan menyegarkan.

Air kelapa juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit karena air kelapa memiliki sifat anti-inflamasi. Ketika diminum secara rutin dalam porsi yang pas, air kelapa membantu menghilangkan jerawat, kemerahan, dan peradangan ringan pada kulit wajah.

Air kelapa juga dapat melembabkan dan mengencangkan kulit sehingga efeknya membuat wajah tampak lebih awet muda. Inilah sebabnya mengapa ekstrak kelapa sering ditambahkan dalam produk kecantikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gerai Mungil Ini Tawarkan Ragam Varian Croissant yang Enak!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com