Minum Kopi Bisa Cegah Gangguan Hati, Segini Jumlah yang Disarankan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 03 Nov 2021 05:00 WIB
Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold Brew Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Memiliki antioksidan yang tinggi, kopi dinilai punya banyak manfaat kesehatan. Sebuah penelitian terbaru bahkan mengungkap kopi bisa mencegah penyakit hati kronis.

Bukan sekadar kafein, kopi juga memiliki komponen aktif lainnya yang begitu bermanfaat. Salah satunya kandungan antioksidan yang punya banyak manfaat kesehatan tubuh.

Berulang kali, para ahli dan berbagai penelitian dilakukan untuk memperdalam manfaat yang bisa ditemukan dari konsumsi secangkir kopi. Satu demi satu berbagai manfaat kopi terhadap kesehatan yang kompleks mulai ditemukan.

Baca juga: Mengapa Orang Kecanduan Minum Kopi ? Ini Alasannya Menurut Ahli

Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold BrewFoto: Getty Images/iStockphoto

Sebuah penelitian terbaru bahkan mengatakan minum kopi dapat mencegah penyakit hati kronis. Mengutip Eating Well (29/10), penelitian yang baru saja dipublikasi melalui jurnal berjudul Clinical Gastroenterology and Hepatology menemukan bahwa konsumsi kopi dapat membantu melindungi hati dan gangguan kronis.

Menurut penelitian yang dilakukan, konsumsi lebih dari tiga cangkir kopi dikaitkan dengan manfaat mencegah gangguan pada hati. Gangguan yang timbul pada hati ini dikaitkan dengan kondisi seperti inflamasi, fibrosis, dan berbagai keluhan lainnya yang menyerang hati.

Penelitian yang melibatkan sekitar 4150 partisipan ini dilaksanakan pada tahun 2017 hingga 2018 lalu yang data partisipannya berasal dari National Health and Nutrition Examination Survey. Partisipan yang terlibat diketahui berusia lebih dari 20 tahun dengan 70% diantaranya mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Peneliti melihat hubungan antara konsumsi tiga jenis minuman (kopi, kopi decaf dan teh) dan gangguan pada hati. Mereka menemukan bahwa partisipan yang dilaporkan mengonsumsi setidaknya tiga cangkir kopi setiap hari mengalami gangguan hati yang lebih rendah dibandingkan dua jenis minuman lainnya.

Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold BrewFoto: Getty Images/iStockphoto

Sebagai tambahan, penelitian ini juga mengatakan bahwa konsumsi kopi tidak berdampak pada penumpukan lemak pada hati. Partisipan yang mengalami gangguan hati ini cenderung mengalami keluhan sirosis atau livernya kehilangan kemampuan untuk berfungsi sebagaimana mestinya.

Catatan penting juga diungkapkan oleh ahli bahwa manfaat dari kopi baru bisa didapatkan jika konsumsinya tidak menggunakan gula maupun pemanis lainnya. Jika terpaksa menggunakan pemanis, sebaiknya pertimbangkan dengan baik jumlah asupannya.

"Konsumsi gula berlebihan dapat mengarah pada inflamasi di dalam tubuh. Banyak sekali orang dewasa yang secara tidak sengaja terlalu sering mengonsumsi minuman pemanis pada pola makan sehari-seharinya," kata Jessica Ball selaku ahli gizi.

Penelitian ini sepenuhnya memerhatikan konsumsi kopi dan hubungannya terhadap hati dalam waktu 2 x 24 jam. Para partisipannya secara ketat diawasi konsumsi kopinya selama 2 x 24 jam atau selama penelitian berlangsung.

Baca juga: Ini 5 Racikan Kopi yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com