Sedang Diet? Ini 5 Cara Mudah Agar Tak Makan Berlebihan

Sonia Basoni - detikFood Senin, 18 Okt 2021 05:00 WIB
5 Fakta Diet Dopamin, Diet yang Bikin Langsing dan Bahagia Foto: Getty Images/iStockphoto/Happycity21
Jakarta -

Agar diet lebih mudah dan berat badan turun teratur, ada cara agar tidak makan berlebihan. Seperti ini caranya.

Proses penurunan berat badan atau diet bisa dibilang cukup sulit bagi sebagian besar orang yang susah untuk mengontrol nafsu makan mereka. Karena sering kali orang-orang makan berlebihan tanpa mereka sadari sama sekali.

Banyak orang yang ingin diet tapi mengaku tak bisa berhenti makan. Hal ini bisa dibilang normal karena fase ini cukup sering dialami banyak orang.

Tapi menurut situs Livestrong (16/10), sebenarnya ada beberapa tips atau trik agar pola makan tetap terjaga dan tidak makan berlebihan saat akan memulai diet.

Baca Juga: 3 Resep Telur Tanpa Minyak yang Cocok Buat Sarapan Diet

1. Jangan Terlalu Ketat

Water Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BBTurunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto

Banyak orang yang ingin turun berat badan secara cepat menjaga pola makan dengan sangat ketat, bahkan mereka tidak makan sama sekali. Padahal menurut banyak ahli gizi hal ini justru bisa menjadi bumerang, di mana orang-orang akan lebih cenderung menyantap makan secara berlebihan nantinya.

Selain itu jika tubuh tidak makan dalam jangka waktu lama, kandungan gula darah menjadi turun dan level stres melonjak tinggi. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi kelaparan dan ngidam makanan yang tidak sehat. Seperti makanan yang digoreng, makanan mengandung gula tinggi dan sebagainya.

Dibandingkan tidak makan sama sekali, menurut Harvard Health Publishing penting untuk tetap menyantap makanan yang bernutrisi. Bahkan ngemil hingga dua kali tentunya dengan camilan sehat rendah kalori.

2. Hindari Makanan Olahan

Water Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BB Turunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto

Tubuh mencerna makanan sehat seperti buah, sayuran hingga daging berprotein dengan cara yang berbeda ketika mencerna makanan olahan. Makanan olahan ini biasanya berupa makanan instan, makanan kemasan, sampai makanan yang mengandung kalori tinggi.

Menurut salah satu studi Cell Metabolism di tahun 2019 lalu. Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan olahan berat badannya bisa bertambah, dan resiko kalap makannya lebih tinggi.

Untuk itu jika sedang diet atau menurunkan berat badan, hindari mengonsumsi makanan olahan. Seperti makanan cepat saji, keripik kentang, makanan beku, minuman bersoda sampai sosis.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com