7 Tips Makan 'All You Can Eat' Anti Gemuk dari dr Richard Lee

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 08 Okt 2021 12:30 WIB
Hukum Makan di Restoran All You Can Eat dalam Islam Foto: iStock
Jakarta -

Di restoran All You Can Eat (AYCE) kamu bisa makan sepuasnya, namun bagi yang lagi diet, ada tips makan yang bisa dicoba. dr Richard Lee mengungkap tips makan AYCE anti gemuk seperti berikut.

Restoran berkonsep AYCE semakin menjamur, dari yang harga per orangnya murah meriah hingga yang mahal karena premium. Menu yang ditawarkan amat bervariasi.

Umumnya berupa daging panggang atau shabu-shabu sebagai menu utama, namun di restoran AYCE biasanya juga tersedia menu-menu pendamping lain. Mulai dari makanan pembuka, camilan, sampai dessert.

Semua menu ini bisa diambil sepuasnya sehingga bikin siapapun kalap. Untuk yang sedang menurunkan berat badan atau diet, sebenarnya kamu tetap bisa makan di restoran AYCE.

Kamu tetap bisa menikmati banyak makanan, merasa kenyang, namun dalam versi lebih sehat. Tips berikut bisa dipraktikkan saat kamu harus 'terpaksa' ikut makan di restoran AYCE.

dr Richard Lee mengungkap tips makan anti gemuk di restoran AYCE melalui YouTubenya (3/7/21) seperti berikut:

1. Hindari karbohidrat

"Jadi kalau makan AYCE gini guys, jangan makan nasi," ungkap dr Richard. Bukan hanya nasi putih, tapi juga nasi goreng, japchae (bihun Korea), sampai kentang goreng yang kerap tersedia sebagai pilihan.

"Karbohidrat cuma bawa gula aja, nggak bawa nutrisi yang kompleks," jelas dr Richard soal nutrisi karbohidrat. Sementara daging memiliki nutrisi kompleks. Ada omega 3, omega 6, protein, hingga lemak.

Alasan lain tak usah makan sumber karbohidrat di restoran AYCE adalah supaya tak rugi karena makanan ini tergolong murah. dr Richard menambahkan, "Jadi jangan makan nasi. Satu kalian untung, yang kedua itu akan mengurangi (asupan) kalori kalian."

2. Mulai dengan makan sayur, buah, atau sup

7 Tips Makan 'All You Can Eat' Anti Gemuk dari dr Richard Lee7 Tips Makan 'All You Can Eat' Anti Gemuk dari dr Richard Lee Foto: YouTube dr. Richard Lee, MARS

Meski tersaji banyak pilihan menu di depan mata, pastikan kamu tidak kalap saat di restoran AYCE. Memilih menu yang tepat penting dilakukan. Untuk awal, coba santap sayur, buah, atau sup.

"Jadi ada penelitian, ketika kalian makan sayur atau buah atau sup di awal, maka insulin tidak akan melonjak tinggi sehingga tidak terjadi penumpukan lemak," kata dokter berkacamata ini.

Semangkuk sup sudah cukup untuk mengisi perut di awal. dr Richard memilih menu ini untuk membuka santapannya di restoran AYCE. Cara ini sekaligus bisa mengurangi 15% masuknya kalori, menurut sebuah penelitian.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com