Rasulullah SAW Suka Minum Susu Kambing, Ini 7 Manfaat Sehatnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 24 Sep 2021 05:00 WIB
Sunnah Rasulullah SAW untuk Berkumur Usai Minum Susu Foto: Getty Images/iStockphoto/Fascinadora
Jakarta -

Susu kambing ternyata menjadi minuman favorit Rasulullah SAW. Manfaat dari susu kambing juga tak kalah menyehatkan, salah satunya menjaga imunitas tubuh.

Diriwayatkan oleh para sahabat kalau Rasulullah SAW sangat mennyukai susu kambing. Beberapa buktinya seperti perjalanan hijrah ke Madinah, tepatnya di Gua Tsur, dimana Rasulullah SAW dan Abu Bakar menikmati susu kambing, seperti dikutip dari detikFood (4/12/2020).

Sebuah mukjizat juga sempat terjadi ketika Rasulullah SAW meminta Ummu Ma'bad untuk memerah susu kambing, namun saat itu kambing tersebut sudah tidak bisa menghasilkan susu. Rasulullah SAW membaca basmalah dan memerah susu kambing yang ternyata keluar susu segar dengan jumlah banyak. Susu kambing itu lalu dinikmati oleh Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan sahabat lain.

Rasulullah SAW memilih susu kambing sebagai salah satu minuman favoritnya, karena tentunya menyehatkan. Dalam beberapa penelitian juga menemukan manfaat dari susu kambing untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga imunitas tubuh hingga menguatkan tulang.

Dilansir dari Organic Facts (10/8), berikut 7 manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuh.

1. Kandungan Nutrisi Susu Kambing

Rasulullah SAW Suka Minum Susu KambingRasulullah SAW Suka Minum Susu Kambing Foto: Getty Images/iStockphoto/The_Flying_Dutchman

Susu kambing memiliki beragam manfaat untuk kesehatan karena mengandung nutrisi yang penting. Dalam 100 gram susu kambing, mengandung air sebanyak 87 gram, 3,56 gram protein, 134 miligram kalsium.

Ada juga kandungan magnesium sebanyak 14 miligam, fosfor 111 miligram, dan potasium 204 miligram. Masih banyak kandungan nutrisi lainnya seperti folat, vitamin A, B-12, hingga E.

2. Menjaga Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh harus selalu dijaga, apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum menghilang. Cara mudahnya dengan melakukan pola hidup sehat.

Kamu harus rutin mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang. Salah satu minuman yang direkomendasikan adalah susu kambing. Karena di dalam susu kambing juga mengandung selenium, mineral yang dapat menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga: Ngidam Nasi Padang, Nagita Slavina Boyong Restoran Padang ke Rumah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Susu Kambing di Purwakarta Jadi Buruan Warga untuk Tingkatkan Imun"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com