5 Bahan Alami Ini Dipakai Aisyah Istri Rasulullah SAW untuk Merawat Kecantikan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 23 Sep 2021 06:00 WIB
5 Bahan Alami Ini Dipakai Aisyah Istri Rasulullah SAW untuk Merawat Kecantikan Ilustrasi wanita Arab Foto: iStock
Jakarta -

Setiap wanita pasti menginginkan kecantikan luar dan dalam. Begitupun dengan Aisyah istri Rasulullah SAW. Ia merawat kecantikan dengan bahan alami.

Aisyah istri Rasulullah SAW digambarkan sebagai sosok wanita yang cantik dengan wajah kemerah-merahan. Pada zamannya, Aisyah pun sangat merawat wajahnya agar sehat dan berseri.

Seperti yang diajarkan dalam Islam kepada setiap wanita bahwa keindahan wanita tidak melulu soal fisik sematan, tetapi juga datang dari dalam hati.

Berbeda jauh dari sekarang, dulu Aisyah merawat diri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Itu karena dulu belum ada alat-alat modern untuk perawatan.

Namun, dengan bahan alami yang sering dipakai di dapur, Aisyah bisa mendapatkan wajah yang sehat dan bebas dari jerawat. Selain itu, juga bisa merawat rambutnya agar berkilau.

Berikut 5 bahan alami yang dipakai Aisyah istri Rasulullah SAW untuk merawat kecantikan.


1. Minyak Zaitun

5 Bahan Alami Ini Dipakai Aisyah Istri Rasulullah SAW untuk Merawat Kecantikan5 Bahan Alami Ini Dipakai Aisyah Istri Rasulullah SAW untuk Merawat Kecantikan Foto: iStock

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang digunakan Aisyah untuk perawatan wajahnya. Hal ini juga sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits:

"Rasulullah SAW bersabda: 'Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi,".

Dikutip dari Medical News Today, minyak zaitun kaya akan vitamin E yang baik untuk merawat kulit. Selain itu, juga terdapat kandungan vitamin A, D dan K.

Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah oksidasi atau radikal bebas yang berbahaya.

2. Madu

5 Bahan Alami Ini Dipakai Aisyah Istri Rasulullah SAW untuk Merawat Kecantikan5 Bahan Alami Ini Dipakai Aisyah Istri Rasulullah SAW untuk Merawat Kecantikan Foto: iStock

Pada zaman Nabi, madu sering dimanfaatkan untuk mengobati kulit meradang. Aisyah istri Rasulullah menggunakan madu dengan cara dicampur jus lemon dan yogurt.

Campuran itu digunakan untuk mencerahkan kulit. Dan di zaman sekarang pun, teknik tersebut masih sering dilakukan oleh para perempuan.

Madu sendiri memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Manfaat madu untuk kesehatan juga dijelaskan dalam hadits:

"Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur'an adalah penyembuh apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian, ada dua penyembuhan, yaitu Al-Qur'an dan madu," (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadits Ibnu Mas'ud)

Baca Juga: Begini Cara Sehat Nabi Muhammad SAW Konsumsi Madu

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com