5 Pola Makan Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Mata

Diah Afrilian - detikFood Senin, 13 Sep 2021 10:30 WIB
Portrait of young beautiful woman relaxing at cafe drinking coffee. Foto: Getty Images/iStockphoto

2. Penuhi Asupan Sayuran Hijau

Sayuran hijau punya nutrisi, vitamin serta kandungan yang begitu baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayuran hijau ternyata dinilai oleh para ahli juga dibutuhkan untuk kesehatan mata dan menjaga ketajaman penglihatan.

The Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk secara rutin mengonsumsi sayur-sayuran hijau untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini berkaitan dengan kandungan yang ada pada sayuran hijau seperti lutein, zeaxanthin, vitamin dan beta-karoten.

Kandungan-kandungan tersebut dibutuhkan oleh mata untuk berlindung dari sinar UV yang bahkan terdapat pada matahari serta radiasi dari layar. Paparan sinar UV dan radiasi dari layar gadget memiliki pengaruh yang sangat besar dan mampu mengganggu kesehatan mata serta ketajaman penglihatan dengan begitu cepat.

3. Jaga Hidrasi Tubuh

Portrait of young beautiful woman relaxing at cafe drinking coffee.Foto: Getty Images/iStockphoto

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga seluruh fungsi organ tubuh bekerja dengan normal. Memenuhi kebutuhan air selain mencegah dehidrasi juga sangat disarankan untuk mengendalikan kesehatan dan keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Bukan hanya memberikan pengaruh pada kesehatan kulit dan mencegah bibir pecah-pecah ternyata minum air punya manfaat yang lebih kompleks. Kekurangan cairan air atau dehidrasi termyata dijelaskan punya efek buruk yang sangat berbahaya termasuk bagi kesehatan mata dan penglihatan.

Mata membutuhkan cairan untuk terus membuatnya lembab sehingga tidak mudah lelah dan mengganggu penglihatan. Menyampingkan kebutuhan tubuh akan air akan sangat berbahaya baik bagi mata maupun organ-organ tubuh vital lainnya dan meningkatkan risiko paparan penyakit kronis.

4. Kendalikan Berat Badan

Tumpukan lemak dan kalori yang berlebihan pada tubuh sangat tidak sehat dampaknya untuk kesehatan secara menyeluruh. Kesehatan mata juga sangat dipengaruhi oleh berat badan berlebih yang disebabkan tumpukan lemak dan kalori yang tidak terkendali.

Menurut penelitian Beaver Dam Eye Study, obesitas atau berat badan berlebih dapat menganggu kesehatan mata serta meningkatkan tekanan yang ada di dalam mata. Tekanan ini tentunya jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkam efek gangguan kesehatan mata hingga penurunan kualitas penglihatan.

Mengendalikan berat badan dengan memilih makanan-makanan yang lebih sehat sangat disarankan oleh ahli untuk menghindari gangguan penglihatan. Obesitas juga bisa meningkatkan risiko diabetes yang juga berdampak pada kesehatan mata jika tidak segera diatasi dan dibiarkan berlanjut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com