Konsumsi 5 Seafood Kaya Vitamin D Ini Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Riska Fitria - detikFood Rabu, 08 Sep 2021 07:00 WIB
Konsumsi 5 Seafood Kaya Vitamin D Ini Bisa Tingkatkan Imun Tubuh Foto: iStock
Jakarta -

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D terbukti dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Beberapa seafood ini kaya akan vitamin D lengkap dengan kalsium.

Di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, asupan vitamin D sangat penting. Sebab vitamin D berperan secara aktif untuk meningkatkan sistem imun. Dalam sehari, orang dewasa membutuhkan vitamin D sebanyak 200 IU.

Vitamin D tersebut banyak ditemui di dalam kandungan seafood. Bukan hanya vitamin D, beberapa seafood itu juga dikemas dengan kalsium yang tinggi. Jumlah asupan kalsium untuk orang dewasa adalah 1000 mg per hari.

Baik vitamin D dan kalsium tersebut memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan. Vitamin D juga secara alami bisa mencegah paparan virus,

Berikut 5 seafood yang kaya akan vitamin D:

1. Ikan Sarden

Konsumsi 5 Seafood Kaya Vitamin D Ini Bisa Tingkatkan Imun TubuhKonsumsi 5 Seafood Kaya Vitamin D Ini Bisa Tingkatkan Imun Tubuh Foto: iStock

Ikan sarden yang berasal dari jenis ikan herring juga mengandung kalsium berlimpah. Dalam 100 gram ikan sarden mengandung 325 mg kalsium.

Tak hanya pada bagian dagingnya saja, kalsium ikan sarden juga berlimpah pada bagian tulangnya. Karena tulangnya juga tinggi kalsium maka banyak ahli gizi yang menyarankan untuk makan ikan sarden beserta tulangnya.

Dalam ikan sarden juga mengandung vitamin A dan vitamin D. Nutrisi lain dalam ikan sarden antara lain iodine, selenium, zinc, zat besi, fosfor, dan fluoride.

2. Salmon

Konsumsi 5 Seafood Kaya Vitamin D Ini Bisa Tingkatkan Imun TubuhKonsumsi 5 Seafood Kaya Vitamin D Ini Bisa Tingkatkan Imun Tubuh Foto: iStock

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ikan salmon memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Dalam 180 gram ikan salmon mengandung 181 mg kalsium.

Tak hanya kalsium, ikan berdaging oranye ini juga sumber vitamin D dan fosfor. Peran fosfor dalam tubuh yakni untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Dalam 100 gram ikan salmon mengandung 526 IU vitamin D.

Ikan salmon juga tergolong sebagai superfood yang membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi dan tulang rahang. Untuk menjaga nutrisinya, ikan salmon direkomendasikan untuk disantap dalam keadaan mentah atau segar.

Baca Juga: 5 Makanan yang Tinggi Kandungan Vitamin D dan Murah Harganya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Pesta Seafood Satu Meja, Porsinya Seabrek! "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com