5 Herbal untuk Meningkatkan Imunitas, Ada Sejak Zaman Nabi Muhammad SAW

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 28 Agu 2021 07:00 WIB
5 Herba untuk Meningkatkan Imunitas, Ada Sejak Zaman Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

5. Daun Kelor

5 Herba untuk Meningkatkan Imunitas, Ada Sejak Zaman Nabi Muhammad SAW5 Herba untuk Meningkatkan Imunitas, Ada Sejak Zaman Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Sering dianggap mistis, daun kelor justru bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Khasiat daun kelor juga tercatat di dalam Al Qur'an surah Al Fath ayat 29, yang artinya:

"...Demikianlah sifat-sifat mereka dalam taurat dan sifat-sifat mereka dalam injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman ini menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu'min)..." (QS. Al Fath:29).

Daun kelor mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid, polifenol dan asam askorbat yang dapat mengatasi radikal bebas. Selain itu, daun kelor juga mempunyai sifat anti-inflamasi.

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan daun kelor cukup dengan menyeduhnya menjadi teh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka dapat menekan enzim inflamasi dan protein yang berlebih di dalam tubuh.

Baca Juga: Daun Kelor Tertulis dalam Alquran, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com