3 Cara Minum Kopi yang Bisa Sebabkan Perut Buncit dan Gagal Diet!

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 24 Agu 2021 06:00 WIB
7 Kesalahan Minum Kopi yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Susah Turun Foto: iStock
Jakarta -

Kopi bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan asalkan cara minumnya tepat. Kalau kamu mengonsumsi kopi dengan cara berikut bisa bikin perut buncit.

Walaupun rasanya pahit, kopi jadi minuman andalan di pagi hari untuk sebagai orang. Kandungan kafein pada kopi diketahui dapat meningkatkan energi.

Cara minum kopi yang tepat juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Karena kandungan kalori pada kopi sangat rendah. Kopi juga mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga membantu metabolisme tubuh lebih cepat.

Namun, kalau kamu mengonsumsi kopi dengan cara yang salah malah bisa memicu kenaikan berat badan dan membuat perut buncit. Dilansir dari Eat This (19/8), ada 3 cara minum kopi yang harus dihindari kalau kamu tidak ingin gagal diet.

Baca Juga: Maharani Kemala Pakai Nampan Hermes Rp 15 Juta dan Makan Kerupuk Kanji di Private Jet

Berikut 3 cara minum kopi yang salah.

1. Menambahkan Pemanis

Segini Batas Jumlah Konsumsi Gula Harian yang Disarankangula Foto: Getty Images/iStockphoto

Kopi bisa menurunkan berat badan kalau dikonsumsi dengan cara yang tepat yaitu hanya mengonsumsi kopi hitam tanpa tambahan gula dan pemanis lainnya. Karena, gula dan pemanis lainnya bisa menambah kalori pada kopi.

Ahli diet Clara Lawson menjelaskan kalau menambahkan gula atau pemanis lainnya dalam kopi bisa membuat manfaat pada kopi menghilang. "Kalau kamu minum kopi 3-4 cangkir per hari bersama pemanis buatan, maka tubuhmu akan rusak secara signifikan," ujar Lawson.

2. Menambahkan Krimer dan Aneka Sirup

Unrecognizable woman in cafe drinking coffee, pouring cream into her espressoUnrecognizable woman in cafe drinking coffee, pouring cream into her espresso Foto: iStock

Kopi yang ditambahkan gula saja bisa membuat jumlah kalorinya bertambah. Apalagi kalau ditambahkan krimer dan aneka sirup manis lainnya seperti yang ditawarkan oleh coffee shop kekinian.

Baca Juga: Begini Hukum Makan dengan Tangan Kiri dalam Alquran dan Hadis

Krimer dan aneka sirup lainnya memang akan menambahkan rasa yang lebih nikmat, namun ini adalah cara yang salah dan akan membuat perutmu menjadi buncit. Karena krimer dan aneka sirup manis lainnya mengandung kalori dan lemak yang tinggi.

"Dengan menambahkan krimer tinggi kalori dan lemak pada kopimu, maka akan menyebabkan kenaikan berat badan," kata Trista Best seorang ahli diet.

Kalau ingin minuman kopimu terasa lebih creamy dan nikmat, sebaiknya hindari penggunaan krimer dan menggantinya dengan susu segar atau susu skim. Karena kandungan kalori pada susu jauh lebih kecil dibandingkan krimer yaitu sekitar 30-40 kcal saja.

3. Menikmati dengan Dessert

Stack of Chocolate Chip CookiesStack of Chocolate Chip Cookies Foto: Istock

Banyak coffee shop yang menawarkan minum kopi dengan beragam dessert andalan. Seperti cake, donat, biskuit, dan lainnya. Minum kopi ditemani dengan cake memang sangat nikmat.

Namun mengonsumsinya terlalu sering malah bisa membuatmu gagal diet dan menyebabkan perut buncit. Apalagi kalau kopi yang kamu konsumsi sudah mengandung kalori dan lemak yang tinggi seperti frappuccino.

Baca Juga: 20 Mie Godog Jawa Sedap Ada di Sini



Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com